Karya Tulis Ilmiah Dukung Pengembangan Karir Jabatan Kepenghuluan

Ungaran – Untuk meningkatkan profesionalisme, transparansi dan akuntabilitas layanan kepenghuluan di masyarakat, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang melalui Bimas Islam menggelar kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI) bertajuk, Peran Penghulu dalam Membangun Moderasi Beragama dan Menjaga Kebersamaan Umat, di Aula setempat, Rabu (20/3).

Kakankemenag Kab. Semarang, Muhdi, dalam sambutannya mengatakan bahwa kebutuhan akan pengembangan ilmu pengetahuan yang menjamur di masyarakat menuntut para penghulu yang dalam hal ini berfungsi sebagai abdi / pelayan masyarakat, untuk selalu meningkatkan wawasan keilmuan yang dimiliki, salah satunya dalam hal pembuatan karya tulis ilmiah.

“Sebagaimana diketahui, salah satu indikator keberhasilan Kementerian Agama tercermin dari seberapa jauh indeks kepuasan masyarakat terhadap kinerja layanan penghulu di KUA Kecamatan. Untuk itu, penulisan karya ilmiah menjadi sesuatu yang penting dalam rangka meningkatkan kualitas layanan kepenghuluan di masyarakat itu sendiri,” ungkap Muhdi.

Dengan mendatangkan juri dari praktisi akademisi, Muhdi berharap, agar lomba karya tulis ilmiah kali ini benar-benar menjadi langkah awal untuk mendapatkan para juara yang kompeten dan siap mewakili Kabupaten Semarang maju ke tingkat Provinsi.

“Harapan kami, semoga kegiatan ini lebih dimaknai sebagai media untuk memotivasi diri menjadi seorang penghulu yang profesional, disiplin dan bertanggung jawab, guna memenuhi tuntutan masyarakat di bidang keagamaan yang semakin kompleks,” lanjutnya.

Selain itu, Muhdi juga berpesan kepada segenap penghulu yang mengikuti kegiatan tersebut untuk bisa menjaga sportivitas guna pengembangan karir jabatan fungsional penghulu yang lebih baik.

“Semoga ke depan para penghulu di Kabupaten Semarang semakin profesional, disiplin dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas demi pengembangan karir jabatan yang lebih baik,” pungkasnya.(shl/sua).