Kasi Bimas Islam Buka Bimbingan Perkawinan (BINWIN) Angkatan ke-9

Batang – Nikah itu mudah tinggal saya terima nikah dan kawinya itu sudah selesai, namun bagaimana melanggengkan pernikahan itu sampai akhir hayatnya, demikian disampaikan Kasi Bimas Islam Darwanto yang mewakili Kepala Kantor Kemenag Kab. Batang saat membuka bimbingan perkawinan (Binwin) pranikah angkatan ke-9 di KUA Kecamatan Tersono pada Rabu, (24/10) di aula Pertanian Kecamatan Tersono.

Lebih lanjut Darwanto menyatakan bahwa untuk melanggengkan sebuah pernikahan maka perlu adanya upaya yang sugguh-sungguh dari semua catin sebelum masuk pada sebuah pernikahan, hidup bersama, maka kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh kementerian agama untuk memberi bekal kepada calon pengantin (catin) dalam memasuki masa rumah tangga setelah melangsungkan pernikahan.

“Untuk melanggengkan sebuah pernikahan maka perlu adanya upaya yang sugguh-sungguh dari semua calon pengantin (catin) sebelum masuk pada sebuah pernikahan dan hidup bersama, maka kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh kementerian agama untuk memberi bekal kepada calon pengantin (catin) dalam memasuki masa rumah tangga setelah melangsungkan pernikahan”, katanya.

Darwanto juga mengatakan bahwa bimbingan perkawinan (binwin) ini merupakan sekolah calon pengantin, yaitu sekolah kusus yang mempelajari tentang pernikahan baik dalam perencanaan, pelaksanaan hingga bagaimana mempertahankannya. Semua itu disampaikan sebagai bekal catin agar benar-benar mengerti hakikat pernikahan, serta bagaimana pergaulan dan hubungan dari suami istri selama hidup bersama dalam ikatan nikah hingga tercapai pasangan suami istri yang kekal,bahagia, sakinah mawaddah wa rahmah dibawah ridha Allah SWT.

“Bimbingan perkawinan (binwin) ini merupakan sekolah calon pengantin, yaitu sekolah kusus yang mempelajari tentang pernikahan baik dalam perencanaan, pelaksanaan hingga bagaimana mempertahankannya. Semua itu disampaikan sebagai bekal catin agar benar-benar mengerti tentang hakikat pernikahan, tahun bagaimana pergaulan dan hubungan suami istri selama hidup bersama dalam ikatan nikah hingga tercapai pasangan suami istri yang kekal,bahagia, sakinah mawaddah wa rahmah dibawah ridha Allah SWT”, lanjutnya.

Dia juga menuturkan bahwa bimbingan perkawinan (binwin) ini dilaksanakan diseluruh Indonesia, sementara  di kabupaten Batang ditahun ini sudah sampai pada angkatan yang ke-9 dari rencana 17 angkatan yang direncanakan.

Adapun Kepala KUA Tersono Ali ma’ruf dalam sambutanya menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada panitia dari Kemenag, yang telah mempercayakan kepada KUA Tersono untuk melaksanakan binwin angkatan ke-9 ini. Dia menjelaskan bahwa peserta binwin kali ini berjumah 50 pasang catin yang berasal dari 3 kecamatan yaitu kecamatan Tersono, kecamatan Limpung dan kecamatan Bawang.

“Selaku tuan rumah, saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada panitia dari kemenag kab. Batang yang telah mempercayakan pada kami untuk menggelar kegiatan ini, ucapan terimakasih juga saya sampaikan pada Kepala KUA Limpung dan KUA Bawang yang telah dengan semangat untuk berkoordinasi sehingga kegiatan ini dapat kita usung bersama”, ungkapnya.

Ali Ma’ruf berharap kegiatan yang sangat munumental ini dapat berdampak baik bagi calon pengantin kedepan saat mengarungi mahligai pernikahan, karena menurutnya bahwa perceraian yang banyak terjadi disebabkan karena pasangan suami istri itu sama-sama egois mempertahankan pendapatnya disampaing fakto-faktor yang lain, itu artinya hakikat pernikahan dan strategi mempertahankan keluarga belum dimiliki oleh calon pengantin. (Zy/rf)