Kasi Penma Kankemenag kabupaten Temanggung Selenggarakan Sosialisasi BOP RA

Temanggung- Bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Temanggung, Jum’at (28/04), Kantor Kementerian Agama Temanggung menyelenggarakan sosialisasi dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) Raudhatul Athfal Tahun 2017. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan Guru RA sebanyak 45 peserta dengan rincian tiap kecamatan diwakili 2 orang Guru  Raudhatul Athfal dan 5 perwakilan IGRA.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung diwakili oleh Kepala Subbag TU, Ahmad Sugijarto membuka secara resmi Sosialisasi BOP RA, tersebut.

Menurut Ahmad Sugijarto, “ untuk menjadi negara yang besar harus menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, kata kuncinya yakni generasi muda dan anak-anak yang bisa menentukan nasib bangsa dan mengantarkan kita menjadi masyarakat, bangsa dan negara yang maju.

Generasi yang berkualitas ditentukan dari pendidikan keluarga, sekolah dan masyarakat,“ jelasnya.

“Pentingnya pendidikan anak mulai sejak dini, RA menjadi peletak batu pertama dalam konteks pembangunan manusia yang berkualitas,” ucapnya.

Menurut Ahmad Sugijarto, problema pendidikan usia dini yakni : pertama 1/3% anak belum bisa menikmati pendidikan usia dini, kedua, khawatir banyak anak karena alasan ekonomi putus sekolah, dan ketiga, RA secara kelembagaan kelihatan belum masuk dalam konsep wajar Dikdas 9 tahun.

Alasan pemerintah menggelontorkan BOP RA sebesar 300 ribu tiap anak per tahun supaya ada pemerataan anak, sepertiga anak harus masuk ke RA, dengan bantuan BOP diharapkan anak-anak kita dapat memperoleh hak yang sama sebagai anak bangsa, dan uang tersebut dapat digunakan secara profesional.

Lebih lanjut, Ahmad Sugijarto menjelaskan secara umum tujuan dari program penyaluran dana BOP RA adalah untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan serta untuk meningkatkan mutu Raudhatul Athfal. Pada kesempatan ini juga mengingatkan agar dana BOP RA dapat dikelola dengan sebaik-baiknya berpedoman kepada petunjuk teknis yang ada agar tepat sasaran dan tidak akan menjadi masalah dikemudian hari.

Sementara, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah yang diwakili oleh Wati Haryani mengatakan tujuan kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan dan wawasan bahkan pendalaman tentang bantuan operasional yang sekaligus menyampaikan materi tentang Juknis BOP RA Tahun 2017.

Pada tahun 2017 ini Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung menyalurkan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) Raudhatul Athfal kepada 190 lembaga dengan jumlah siswa 9.350 siswa yang memenuhi syarat sebagai penerima dengan anggaran dua milyar delapan ratus lima juta rupiah.

“Semoga peserta dapat mengikuti kegiatan sosialisasi ini dengan seksama sebagai bekal untuk disampaikan kepada yang lainnya,” tutup Wati Haryani.(sr)