Ke Embarkasi, Bupati Jepara Ahmad Marzuki Pantau Keberangkatan Jamaah Haji

Jepara – Bupati Jepara, Ahmad Marzuki memantau langsung kesiapan keberangkatan jamaah calon haji asal Kabupaten Jepara di Asrama Haji Donohudan Solo, Ahad (05/08).

Turut hadir pula Sekda Jepara, Sholih, Kabag Kesra, Suhendro, Plt. Kabid Haji dan Umroh Kemenag Kanwil Jateng, Muh. Arifin, Kasubbag Humas PPIH Embarkasi Solo, Afief Mundzir, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara, Nor Rosyid, Kasi. PHU, Hastuti Harijati.

Bupati yang tiba pukul 14.00 siang bersama rombongan langsung melakukan monitoring di ruang muzdalifah, tempat dimana jamaah calon haji beristirahat setelah tiba pada pagi harinya sekitar pukul 10.00 WIB.

“Kami ingin jemaah calon haji asal Kabupaten Jepara mendapat pelayanan dan fasilitas yang semestinya agar dapat melaksanakan ibadah dengan khusyuk. Untuk itu, kami ingin memastikan bahwa semua jamaah dalam kondisi prima dan siap berangkat” kata Marzuki.

Bupati Ahmad Marzuki juga mengutarakan agar calon jemaah menyiapkan diri, karena ibadah haji itu memerlukan fisik prima.

“Ritual ibadah haji memerlukan tenaga. Dengan kita menjaga kesehatan, insha Allah ibadah akan lancar” tutur Marzuki.

Sementara itu, Plt. Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh, Moh. Arifin, menyebut kesiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini bisa dikatakan berjalan lebih baik. Keseluruhan kesiapan sudah on the track. Bahkan ada kelebihan pelayanan yang tidak ada pada tahun-tahun sebelumnya, yakni penerapan pemeriksaan biometrik di Tanah Air. Sebelumnya, pemeriksaan biometrik di lokasi kedatangan di Arab Saudi bisa memakan waktu berjam-jam.

“Dengan pemeriksaan di Tanah Air diharapkan bisa selesai lebih cepat. Jamaah juga tidak perlu antri terlalu lama saat tiba di Bandara Saudi” ujar Arifin.

Diharapkan, seluruh upaya peningkatan layanan penyelenggara ibadah haji tahun ini juga akan berdampak pada kenaikan indeks kepuasan jamaah haji. Indeks hasil survei BPS ini trend-nya terus naik dalam tiga tahun terakhir.

Pada 2016, indeks kepuasan haji mencapai 83,83. Tahun lalu, mencapai 84,85. “Tinggal 0,15 poin posisi indeks kepuasan mencapai tingkat sangat memuaskan. Mudah-mudahan kita bisa mencapai skor ini” harapnya. (fm/bd)