Keberhasilan USBN PAK ditargetkan 95 %

Rembang – Penyelenggaraan Ujian Sekolah Berstandar Nasional Agama Kristen dan Katholik (USBN PAK) tingkat Menengah Atas tahun ini diharapkan berjalan sukses. Karena pertama kali diadakan, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang menargetkan kesuksesan penyelenggaraan mencapai 95 persen.

Hal itu disampaikan oleh Penyelenggara Katholik Kankemenag Kabupaten Rembang, Yohanes Hariyadi siang tadi (14/3). Hariyadi menyampaikannya usai mendapatkan kunjungan koordinasi pelaksanaan USBN PAK dari Gara Kristen dan Pengawas Pendidikan Agama Kristen Kankemenag Kabupaten Pati. “Karena pertama kali diadakan, kami harap penyelenggaraannya lancar dan hasilnya sukses,” harap Hariyadi.

Hariyadi menyebutkan, setidaknya delapan sekolah menengah atas yang akan mengadakan USBN PAK ini, yaitu SMK Yos Sudarso Rembang, SMK 2 Rembang, SMK 1 Rembang, SMA 1 Rembang, SMA Santa Maria Rembang, SMA 2 Rembang, SMA 3 Rembang, dan SMA Kragan.

Adapun pelaksanaannya yaitu Senin, 20 maret untuk SMA/SMK. Sementara tingkat SMP dijadualkan 17 April mendatang. Hariyadi mengatakan, USBN ini akan diadakan secara manual, yaitu dengan menggunakan kertas dan pensil. Ujian tertulis ini terdiri atas 40 soal pilihan ganda dan lima soal essay, sebut Hariyadi.

Dirinya berharap, peserta didik bisa mengerjakan soal dengan lancar. Karena soal berstandar nasional, dengan komposisi 40 persen penyusunan naskah soal dari Pusat, dan 60 persen dari Provinsi. “Semoga siswa tidak akan kesulitan menjawab setiap soal,” ujarnya

.Kepala SMK Yos Sudarso, Sadmo Prihantoro mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti ujian ini. “Sekitar 90 siswa kelas XII telah mempersiapkan diri dengan mempelajari kisi-kisi, berlatih menjawab latihan soal, bahkan membuat soal sendiri,” ungkapnya.(SS/bd)