Kebutuhan Rumah Tangga Bukan Hanya Bersifat Materi Saja

Kab. Pekalongan -Pokjaluh bertindak sebagai Fasilitator Bimbingan Perkwainan bagi Calon Pengantin, diantaranya H. Amat Sulaiman, SHI, bertugas di KUA Buaran sebagai Penyuluh Agama Islam. Baru-baru ini telah melaksanakan serangkaian kegiatan yang bertajuk “Bimbingan Perkawinan Calon Pengantin” sebagai fasilitator bimwin yang diselenggarakan KUA kecamatan Siwalan pada hari Rabu – Kamis, 10-11 Nopember 2021 di aula KUA Siwalan.

Kegiatan ini diikuti oleh 15 pasang calon pengantin. Kegiatan Bimbingan Perkawinan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan pengalaman bagi calon pengantin agar nantinya mereka dapat melaksanakan kehidupan rumah tangganya dengan baik, harmonis, sakinah mawaddah wa rahmah. Dalam kesempatan ini beliau selaku fasilitator menyampaikan materi “Memenuhi Kebutuhan Keluarga”.

“Ada banyak calon pengantin yang melihat kebutuhan rumah tangga adalah kebutuhan yang bersifat materi saja. Padahal disamping itu juga terdapat pula kebutuhan keluarga yang bersifat immateri. Kedua kebutuhan ini sama pentingnya dalam membangun mahligai rumah tangga yang harmonis, menentramkan hati, serta penuh dengan kasih dan sayang.” jelas H. Amat Sulaiman.

Jadi bagi calon suami dan istri harus memahami bahwa kehidupan berkeluarga menenteramkan dan penuh kasih sayang tersebut, hanya akan terwujud apabila kebutuhan yang mengiringi pernikahan dari masa ke masa terpenuhi dengan baik. Dan untuk pemenuhan kebutuhan tersebut, selain kerjasama yang erat antara suami dan istri,mereka berdua juga harus memahami halangan yang muncul dalam pemenuhan kebutuhan keluarga dan bagaimana strategi yang dapat dipergunakan untuk mencapai pemenuhan tersebut. (Zmr/Ant/bd).