Agar manfaat, Data Harus Tepat, Cepat dan Akurat

Semarang – Data merupakan kebutuhan mutlak setiap lembaga. Membangun data itu mahal dan sulit tapi jauh lebih mahal dan sulit jika membangun tanpa data. Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Semarang Muh Habib pada Sosialisasi Penguatan Tenaga Pengolah Data Pendidikan Agama Islam Kota Semarang di Hotel Grand Saraswati Jl Singosari Semarang, Senin (22/10).

Dikatakannya, proses perencanaan yang baik membutuhkan dukungan ketersediaan data yang berkualitas. Perencanaan program juga semakin baik jika didukung data yang relevan.

“Begitu pentingnya data, afdholul fadhoil adalah data. Sebaik apa pun program aplikasi yang telah tersedia tidak akan ada manfaat tanpa adanya data yang lengkap, akurat dan tepat waktu,” ujar Muh Habib.

“Oleh karenanya agar manfaat, data harus tersaji dengan lengkap, tepat, cepat dan akurat,” sambungnya.

Kegiatan diikuti oleh pengurus KKG PAI SD Kecamatan dan Kota Semarang, MGMP PAI SMP, SMA dan SMK Rayon dan Kota Semarang.

Sementara Kasi Pendidikan Agama Islam Kankemenag Kota Semarang Abdul Ghafur berharap updating data semester gasal tahun pelajaran 2018/2019 dapat tepat selesai sesuai jadwal yang ditentukan.

“Setiap entitas pendataan EMIS meliputi satuan pendidikan, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan wajib untuk melakukan updating data secara periodik sesuai mekanisme yang ditentukan,” ungkap Ghafur. (ch/gt)