Kegiatan Safari Jumat Sebagai Ajang Silaturahmi dan Mentasarufkan Zakat

Batang – Kami bekerja sama dengan Kodim dan Polres Batang untuk melakukan silaturahmi pada masyarakat dalam bentuk solat Jumat bersama, agar dekat dengan masyarakat. Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Kemenag Kabupateng Batang, Taufik Rahman, saat memberikan sambutan dan pembinaan pada acara safari Jumat  di Masjid Darussalam Desa Kemiri Barat, Kecamatan Subah. Hadir menyertai kegiatan itu para pejabat di Lingkungan Kemenag Kabupaten Batang, perwakilan dari Kodim, Polres, Camat Subah, dan Ka.Polsek Subah.

Taufik menyatakan bahwa dirinya selalu membuat program Safari Jumat dengan bentuk kegiatan mengikuti kegiatan sholat Jumat bersama di Masjid-masjid yang ada diwilayahnya. Menurutnya ini yang pertama kali dia lakukan sejak berada di Kemenag Kabupaten Batang.

“Setiap tugas sebagai kepala Kantor Kemenag, saya selalu memprogramkan safari Jumat, yaitu silaturahmi pada masyarakat dalam bentuk solat Jumat di masjid-masjid yang ada”, katanya.

Dia juga menjelaskan bahwa selain sebagai sarana untuk silaturahmi dengan para tokoh masyarakat, para kyai dan ulama, dalam kegiatan ini juga digunakan untuk mentasarufkan zakat bagi yang berhak menerimanya, juga memberikan bantuan untuk masjid di singgahinya.

“Saya menggandeng Kodim dan Polres Batang ini, agar mereka dapat bertindak sebagai khotib, sehingga dapat memberikan informasi-informasi yang perlu disampaikan pada masyarakat secara luas, kalau dari Kemenag sudah biasa menjadi khotib, tapi kalau dari Kodim dan Polres merupakan sesuatu yang nilainya akan lebih dimata masyarakat”, katanya.

Selain itu Taufik juga menyoroti tentang pentingnya persatuan dan ukhuwah islamiyah, apalagi pada akhir-akhir ini suasana politik yang semakin panas karena akan adanya pemilihan umum.

“Saya berpesan untuk menjaga terus persatuan dan kesatuan umat Islam, jangan sampai tercerai-berai, dan terpecah-pecah karena perbedaan pilihan, pemilu hanya lima tahun sekali, tetapi persatuan umat untuk selamanya”, katanya.

Di akhir silaturahminya Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Batang menyalurkan zakat untuk pembangunan Masjid Darussalam, pada 40 penerima zakat, dan 10 anak yatim piatu di sekitar masjid. Hal ini akan di lakukan secara bertahap dan terencana. (Zy/Wul)