Kehumasan: Media Informasi, Pendidikan, dan Teman Kerja

Mungkid – Pranata Kehumasan pada Kementerian Agama harus dikembangkan karena sangat berpotensi dalam menyampaikan bagaimana perkembangan Kemenag dapat dibaca dan programnya sampai kepada masyarakat.

Kepala Kantor Kemenag Kab. Magelang Mad Sabitul Wafa, menyampaikan Kehumasan pada Kantor Kemenag Kab. Magelang akan ditata dan dipersiapkan dengan baik agar dapat bermanfaat bagi umat.

“Kehumasan akan kita tata secara baik, baik sumber daya manusianya, fasilitas kerjanya, sehingga bermanfaat bagi umat,” kata Wafa kepada Peserta Rapat Koordinasi Kehumasan di RM Progosari Mungkid, Rabu (14/03).

Rapat koordinasi diikuti oleh 30 orang peserta terdiri Kasubbag TU, Kepala Seksi, Penyelenggara, Kepala KUA, Penyuluh lintas agama, Pengawas, Kepala MAN, MTsN, MIN dan petugas kehumasan sebagai representasi dari seluruh stakeholder pada Kementerian Agama.

Terkait dengan fungsi dan peran kehumasan saat ini, Wafa menyampaikan tiga pesan sebagai berikut.

Pertama, Kehumasan sebagai media informasi dan komunikasi.

“Kehumasan merupakan media yang dapat kita gunakan sebagai tolok ukur kegiatan yang telah kita lakukan kepada atasan langsung kita. Sekaligus menjadi media informasi kepada masyarakat bahwa kita telah melakukan kegiatan,” katanya.

Kedua, kehumasan sebagai media madrasah atau fungsi pendidikan.

“Ketika media menjadi area pendidikan, jangan berhenti untuk melakukan komunikasi. Banyak  sekali kegiatan tetapi karena tidak biasa maka siswa sekolah yang berprestasi bagus tetapi kurang, karena tidak tersorot oleh media sehingga tidak tercover oleh Baznas,” lanjutnya.

Menurut Wafa, banyak sekali kegiatan yang dilakukan oleh media karena kemajuan teknologi yang bisa dimanfaatkan oleh Kehumasan sebagai konten media dapat dimanfaatkan sebagai media pendidikan.

Ketiga, Manfaatkan media sebagai teman kerja.

“Konsep-konsep terkait peningkatan prestasi untuk menyukseskan Ujian Nasional sebagai barometer dalam rangka mencapai prestasi di tingkat regional dapat ditingkatkan. Sampaikan melalui Kehumasan,” katanya.

Wafa mengajak para peserta rapat untuk membuat inovasi-inovasi baru melalui olah pikir, olah analitis sehingga setiap kejadian peristiwa bisa dikemas menjadi berita.

Dalam rapat tersebut, untuk membangun sinergi bidang kehumasan dengan Pemerintah Daerah Kab. Magelang, Kankemenag menghadirkan narasumber Fany Rachmawati, Pranata Humas pada Diskominfo untuk memberikan paparan tentang penguatan Tusi Kehumasan pada Instansi Pemerintah. (am/bd)