Kelola Anggaran harus Fokus dan Inovatif

Demak – Kunci keberhasilan sebuah lembaga atau organisasi adalah terlaksananya program kerja/ kegiatan sesuai dengan yang sudah direncanakan, termasuk Kementerian Agama, kegiatan-kegiatan bila berjalan sesuai dengan yang direncanakan secara otomatis penyerapan DIPA akan mengikuti kegiatan yang dilaksanakan, hal ini disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Demak Ahmad Samsudin saat memberikan pengarahan pada acara Rapat Koordinasi Percepatan Penyerapan Anggaran/ DIPA di Ruang Rapat Kantor, Rabu (04/04) .

Samsudin mengatakan, secara umum yang disampaikan dari masing-masing seksi selaku pengguna Pengelola DIPA, penyerapannya masih rendah, untuk itu pengelola DIPA untuk memacu pergerakan yang sangat signifikan.

“Segera agendakan kegiatan-kegiatan yang telah direncanakan, sehingga penyerapan DIPA bisa maksimal,” pinta Samsudin.

Kakankemenag juga menyampaikan Pembinaan ASN satu hari sebelumnya di Kantor Wilayah Kemenag Prov. Jateng bahwa hasil Penilaian Indek ASN di jajaran Kemenag mendapat Nilai WTP (Wajar Tanpa Pengecualian), dengan Penilaian index 60,14% akan berdampak pada kenaikan Tunjangan Kinerja (TUKIN) dari 60 % rencana menjadi 70%, namun demikian semua ASN di jajarannya untuk selalu meningkatkan kinerjanya.

“Kita harus menjadi ASN yang tertib dan disiplin, artinya bekerja dengan sungguh-sungguh dan disiplin atau tepat waktu, pekerjaan perlu perencanaan dengan baik dan matang, kalau bisa pada malam hari sebagai ASN minimal sudah punya rencana atau angan-angan tentang apa yang akan dikerjakan esok hari, sehingga ketika kita masuk kantor sudah tidak bingung lagi tentang apa yang harus dikerjakan,” jelasnya.

Harapannya saat ini sudah memasuki bulan April atau masuk Triwulan kedua, penyerapan DIPA bisa mencapai 30?ri total anggaran, untuk itu sekali lagi pengelola DIPA benar-benar fokus pada Penyerapan DIPA dan selalu koordinasi dengan pihak terkait seperti Kepala Subbagian Tata Usaha selaku PPSPM dan Bendahara. 

“Dengan koordinasi yang baik tentunya ketika ada masalah bisa teratasi, kalau bisa fokus dan sungguh-sungguh saya yakin Triwulan dua penyerapan DIPA bisa mencapai 30%,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama Kasubbag TU Muhaimin menambahkan, selain meningkatkan kinerja pegawai, semua ASN di Jajaran Kemenag Kab. Demak untuk menyiapkan sedini mungkin hasil pekerjaannya baik itu harian (LCKH) dan bulanan (LKB disertai dokumen), karena hasil atau bukti pekerjaan itulah yang akan menjadi pemeriksaan, sehingga ketika ada Tim Pemeriksa semua ASN di Kemenag sudah siap. (msfk/gt)