Keluarga Pengantar Jamaah Calon Haji Membludak

Pati – Semenjak subuh, para calon jemaah haji dan pengantar telah memadati sekitar komplek di halaman Pendopo Kabupaten Pati. Kamis pagi, 02 Agustus 2018. Mereka mengantarkan Calon jemaah haji kloter 58 (Kecamatan Sukolilo, Winong, Pucakwangi, Tlogowungu, Gunungwungkal) Kabupaten Pati tahun 2018 / 1439 H yang berjumlah 355 orang diberangkatkan ke Asrama Haji Donohudan Boyolali.

Sudah menjadi tradisi dan kebiasaan kebanyakan masyarakat bahwa pada setiap pemberangkatan calon jemaah haji, jumlah pengantar calon jemaah haji sangat membludak. Ada istilah satu orang calon jemaah haji yang mengantarkannya satu RT.

Untuk mengantisipasi kerawanan Kamtibmas yang timbul sebagai akibat terjadinya kerumunan dan penumpukan massa yang berjumlah ribuan, sejak dini hari pertugas gabungan Polres Pati beserta Polsek Pati yang di pimpin oleh Kasat Binmas AKP. Budi Santoso serta instansi terkait telah melaksanakan langkah antisipasi.

Beberapa ruas jalan dilakukan penutupan untuk digunakan sebagai kantong parkir. Selain itu petugas juga melaksanakan patroli dan pengawasan di lokasi pemberangkatan untuk mencegah terjadinya pencurian/pencopetan. Situasi massa yang berdesakan seringkali dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan.

Keberangkatan Jemaah Haji kloter 58 Kabupaten Pati dilepas dengan upacara dan salam salaman dipimpin oleh Bupati Pati Haryanto, dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag Kab. Pati dan unsur Forkopimda serta instansi terkait.

Tepat jam 05.30 Wib rombongan bis pertama dari 9 bis yang di kawal oleh 2 (dua) Voreijders Sat Lantas Polres Pati dilepas oleh Bupati Pati. Hingga bis terakhir diberangkatkan situasi di sekitar lokasi pemberangkatan tetap aman, tidak ditemukan adanya kendala seperti tertinggalnya jemaah akibat kemacetan ataupun adanya tindak kejahatan. (PN-ResPati-Am/bd)