Kembangkan Potensi Rohis melalui One Day Competition

Ungaran – Rohaniwan Islam (rohis) SMAN 1 Ungaran semakin menunjukkan eksistensinya dalam upaya pengembangan potensi siswa di bidang keagamaan dengan menggelar kegiatan One Day Competition di aula setempat, Minggu (23/04).

Kegiatan yang diperuntukkan bagi siswa SMP dan SMA se-Kab. Semarang ini terdiri dari 5 cabang lomba dengan rincian: SMP meliputi cabang lomba Murotal, Tahfidz, Nasyid, Tausyiah dan Kaligrafi. Sedang untuk SMA, cabang lomba hanya di fokuskan pada Tausyiah saja.

Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang, Taufiqurrahman menekankan akan fungsi dan peran serta Rohis sebagai organisasi intra sekolah dalam pembentukan karakter siswa. Menurut Taufiq, agar penyelenggaraan program ekstra kurikuler berjalan efektif, efisien serta sesuai harapan, harus ada pengelolaan manajemen  yang terintegrasi dan berkesinambungan dengan kegiatan intrakurikuler Pendidikan Agama Islam yang dalam hal ini dipelopori oleh Rohis sekolah. “Setidaknya dengan Rohis, mindset guru dan siswa akan pentingnya Pendidikan Agama Islam serta budi pekerti di sekolah sangat diperlukan sebagai upaya mengatasi kemerosotan moral bangsa,” ungkap Taufiq.

Untuk itu, Kankemenag Kab. Semarang melalui Kasi PAIS turut mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh pengurus Rohis SMAN 1 Ungaran ini. Taufiq mengatakan, kompetisi yang diadakan merupakan wujud implementasi Pendidikan Agama Islam berkarakter yang memadukan ilmu pengetahuan, keterampilan dan seni. Sehingga dengannya, diharapkan setiap individu yang turut serta dalam kegiatan tersebut mampu menerapkan ilmu dan pengalaman yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari berbangsa dan bernegara.

“PR bagi Kementerian Agama serta Kementeraian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menciptakan program unggulan berinovasi, terintegrasi dan berbudaya islami dalam setiap kurikulum pendidikan yang akan dipakai,”imbuhnya.

Sementara itu menurut ketua panitia yang juga ketua Rohis SMAN 1 Ungaran, Arrival Mustafid, kegiatan yang diselenggarakan tiap tahun ini merupakan kegiatan serupa ke-5 yang diadakan oleh Rohis SMAN 1 Ungaran. Menurut Mustafid, selain sebagai wujud program kerja tahunan, kegiatan ini juga bertujuan untuk menarik minat siswa agar selalu aktif dalam setiap kegiatan yang Rohis adakan. “Dengan pengalaman yang dimiliki, semoga Rohis SMAN 1 Ungaran semakin berjaya di udara,” pungkasnya. (shl/gt)