Kemenag Apresiasi Penyuluh Berdakwah Melalui Medsos

Rembang – Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Moh. Mukson mengapresiasi upaya penyuluh dalam melaksanakan tugas dan fungsinya memberikan penyuluhan kepada masyarakat dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

Mukson menyampaikan hal itu ketika memberikan sambutan dalam acara Penandatangan Kerjasama Program Arrum Haji antara Kementerian Agama Kabupaten Rembang dan PT Pegadaian Cabang Rembang pada Kamis (27/5/2021) di Hotel fave Rembang.

Teknologi yang dimanfaatkan oleh Penyuluh Agama Islam dalam berdakwah adalah media sosial, baik Youtube, Facebook, instagram, website, dan blog.

“Kami sangat mengapreasiasi langkah dan inisiatif Penyuluh Agama Islam di Kabupaten Rembang telah berantuasias untuk memaksimalkan pemanfaatan media sosial dalam berdakwah kepada masyarakat,” kata Mukson.

Pemanfaatan media sosial ini jelas terlihat dari kanal youtube, instagram maupun youtube yang kerap dibagikan oleh penyuluh di grup WA penyuluh. Dengan berdakwah melalui media sosial, jangkauan khalayak diharapkan menjadi lebih luas.

Menurut Mukson, pemanfaatan media sosial adalah salah satu inovasi kinerja penyuluh, utamanya dalam membuat strategi dakwah di masa pandemi. “Masa pandemi menjadikan gerak kita terbatas. Maka dengan memanfaatkan teknologi, adalah upaya yang tepat untuk memenuhi tugas dan fungsi penyuluh agama. Selain itu, dakwah melalui media sosial bisa disimak oleh masyarakat sewaktu-waktu,” ujar Mukson.

Mukson mengimbau Penyuluh untuk meningkatkan kualitas materi dakwah. Kualitas materi dakwah yang disampaikan merupakan gambaran dari kualitas penyuluh secara pribadi dan Kementerian Agama. — iq