Kemenag Banjarnegara raih penghargaan dari KPP Pratama Purbalingga

Banjarnegara – Pajak adalah bantuan, baik secara langsung maupun tidak yang dipaksakan oleh kekuasaan publik dari penduduk atau dari barang, untuk menutup belanja pemerintah (Leroy Beaulieu). Sedangkan Wajib Pajak/ WP, yakni orang pribadi yang memiliki penghasilan di atas pendapatan tidak kena pajak. Di Indonesia. Setiap orang wajib mendaftarkan diri dan mempunyai nomor pokok wajib pajak (NPWP), kecuali ditentukan dalam undang-undang. Dan Instansi seperti Kementerian Agama melalui pimpinan mendorong agar pegawaianya untuk membayar pajak tepat waktu.

Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara, mendapatkan Penghargaan sebagai Instansi Teladan dalam Pelaporan SPT Tahunan Pegawai dalam acara Apresiasi dan Penghargaan Wajib Pajak Teladan yang diadakan oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Purbalingga. Penghargaan di berikan di Pendopo Dipayudha Adigraha, Rabu (4/2/15) bersamaan penghargaan beberapa kategori lainnya.

Bupati Banjarnegara, Sutejo Slamet Utomo menyampaikan “Pajak yang diterima oleh KPP harus memenuhi unsur utama, tepat waktu dan tepat jumlah”. Setiap WP bisa perorangan maupun instansi bisa menyampaikan laporan pajak melalui langsung ke kantor pelayanan pajak juga bisa melalui e-filling. Program e-filling merupakan sistem terbaru dari Direktorat Jenderal Pajak melalui internet dan e-mail personal untuk report pembayaran pajak. E-filling menjadikan pembayaran lebih mudah dan cepat. Untuk hasil print out e-filling tetap di sertakan bukti dan disetorkan ke kantor pelayanan pajak.

Selain merupakan apresiasi bagi wajib pajak yang teladan di kabupaten juga disampaikan bahwa Direktorat Pajak Kanwil 2 mendapatkan penghargaan juara 1 dalam penerimaan dan pelayanan pajak secara nasional dikarenakan target yang diberikan oleh Kementerian Keuangan melampaui target secara jumlah dan juga tepat waktu.

Yoyo Satyo Utomo, Kepala Kantor wilayah 2 menyampaikan, dengan penerimaan pajak yang sudah didapatkan 70% akan kembali ke kabupeten dalam bentuk pembangunan fisik, sarana dan prasarana yang berguna bagi masyarakat. “Peningkatan dari sektor pajak untuk tahun 2015 diharapkan bisa meningkat, namun yang utama adalah peningkatan kesadaran untuk membayar pajak”, ditambahkan. Untuk target pendapatan pajak tahun 2015 Kanwil 2 Jawa Tengah naik 7,8%.

Di tempat terpisah, Kepala Kemenag Banjarnegara, Farhani menyampaikan bahwa penghargaan ini hasil dari sosialisasi juga kesadaran pegawai di lingkungan kemenag, dan dorongan dari pihak pihak.

Hadir dalam acara, Dirjen Kantor Wilayah 2 Jateng, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (forkompimda), Setda kabupaten Banjarnegara, KPP Banjarnegara, KPP Cilacap, KPP Kebumen, KPP Banyumas, Kepala Dinas/ Instansi Vertikal, Camat, Pengusaha, Kepala desa, dan undangan wajib pajak yang mendapatkan penghargaan (Nangim).