Kemenag Banjarnegara Selenggarakan Sosialisasi Program PKB GTK Jenjang MI-MA

Banjarnegara – Kamis, (14/10) dengan bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara, Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Banjarnegara menyelenggarakan Sosialisasi Program PKB GTK jenjang MI – MA tahun 2021 dengan melibatkan seluruh Pengawas Madrasah, Fasilitator Nasional, Provinsi, Daerah dan Kelompok Kerja KKM, MGMP, MGBK dan KKG penerima bantuan Blockgrant Kemenag RI tahun 2021, dengan jumlah 85 peserta.

Slamet Wahyudi, Selaku Kasi Pendidikan Madarasah dalam dalam laporannya menyampaikan pada tahun 2021 Kemenag Banjarnegara mendapatkan bantuan dari kemenag RI melalui proyek  Realizing Education’s  Promise: Support  to Indonesia’s Ministry of  Religious Affairs for  Improved Quality of  Education (Madrasah Education Quality Reform)  –  yang disingkat REP  atau MEQR.

“Ini merupakan program investasi SDM  yang dikembangkan  Kementerian Agama yang sumber  pendanaannya  melalui Pinjaman Luar Negeri Bank Dunia. Dan Alhamdulullah Kemenag Banjarnegara terdiri dari Fasda MA  8 orang, Fasda MTs 5 orang, Fasda MI 3 orang, Pokja KKMI 5 Kelompok, Pokja KKG MI 29 Kelompok, Pokja MGMP MTs 4 kelompok dan Pokja MGMP/MGBK MA  6 Kelompok,” ungkapnya

Slamert dalam kegiatan ini juga menyampaikan pentingnya sinergitas dalam setiap pelaksanaan program

“Progran Fasda tentu untuk memfasilitasi setiap kelompok sesuai dengan program yang telah disusun oleh masing-masing Pokja, Perlunya matrik untuk mengetahui progres program yang telah dilaksanakan, Pengawas selaku Pembina dalam masing-masing Pokja untuk selalu melakukan bimbingan, pemantauan dan evaluasi dari program yang telah disusun sesuai dengan jadwal yang telah disusun, Sedangkan untuk Pokja agar selalu berpedoman dana juknis dalam setiap melaksanakan program, belanjakan sesuai dengan RAB yang telah disusun dan tidak lupa susun dan buat SPJ sesuai dengan pedoman dan jangan sampai terlambat,” ujarnya.

Kepala Kemenag Banjarnegara, Agus Suryo Suripto dalam kesempatan yang sama memberikan arahan dan pembinaan terkait Sosialisasi Program PKB GTK jenjang MI – MA tahun 2021 menyampaikan ucapan selamat atas kepercayaan pemerintah RI dalam ini Kemenag RI atas bantuan block grant yang diberikan kepada Kemenag Banjarnegara sebanyak 39 Pokja.

“Ini membanggakan sekaligus menjadi amcaman ketika pada saat audit oleh Irjen Kemenag RI Pokja tidak mampu menyajikan laporan yang akurat, maka perlunya masing-masing Pokja mempedomani Juknis dalam membuat laporan disertai dengan bukti pendukungnya,” ungkapnya

Suryo juha menghimbau kepada guru dan kepala madrasah untuk memberikan contoh dan teladan dalam setiap halnya.  “Perlunya revolusi mental dimana pengawas, kepala dan guru harus mampu menjadi contoh dari setiap kegiatan. Misalnya ketika pada saat rapat tidak bermain HP sendiri. Untuk Pokja selalu mengadakan koordinasi dengan pengawas dan kemenag dalam setiap kegiatan yang dapat disampakan secara tertulis maupun WA sehingga Kemenag dapat mengetahui progress dari program yang telah dilaksanakan,” terangnya

Hasil sosialisasi diakhiri dengan masing-masing Pengawas madrasah, Fasda dan Pokja menyusun program bersama sesuai dengan proposal yang telah dikirim sehingga diharapkan pada saatnya pelaksanaan program dapat berjalan dengan lancar.  (kan/ak/rf)