Silabus dan RPP K-13 PAK Dorong Partisipasi dan Kemandirian Siswa

Pati – Silabus dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Pendididikan Agama Kristen (PAK) Pada Kurikulum 2013 (K-13) dirancang dan didesain untuk benar-benar mendorong partisipasi dan kemandirian siswa baik dalam aspek pengetahuan maupun dalam aspek sikap serta ketrampilan hidup peserta didik.

Hal tersebut menjadi pesan penting dari materi Workshop Pembinaan Guru Pendidikan Agama Kristen se Kab. Pati dalam Rangka Peningkatan Kompetensi yang disampaikan Tarsisius Adi Prasetyo, nara sumber dari widyaiswara Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) yang berlangsung di ballroom Hotel Pati Jl. Panglima Sudirman Pati, Kamis (24/5/2018)

Untuk tujuan itulah maka terdapat lima langkah utama dalam kegiatan inti dari K-13 tersebut yakni mengamati, menanya, mengeksplorasi,mengasosiasi dan mengomunikasikan materi atau bahan ajar yang diberikan, ujarnya.

Oleh karena itu, tuntutan penilaian PAK sesuai Kurikulum Tahun 2013 meliputi tiga komponen yakni Aspek Sikap yakni Sikap Religius dengan mengukur sikap/perilaku peserta didik dalam hubunganya dengan Tuhan serta Sikap Sosial dengan mengukur sikap/perilaku peserta didik dalam hubunganya dengan sesama dan alam sekitar, paparnya.

Sementara yang dinilai dari Aspek Pengetahuan adalah kemampuan peserta didik dalam kaitannya dengan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dan Aspek Ketrampilan adalah mengukur kemampuan peserta didik dalam kaitannya dengan mendesain, merancang, mendemonstrasikan/menghasilkan sesuatu sesuai dengan tuntutan Kompetensi Dasar atau materi, terangnya lebih lanjut.

Karena tuntutan yang begitu tinggi inilah ujar Pak Adi (sapaan hariannya), berharap para guru Pendidikan Agama Kristen di Kabupaten Pati harus terus belajar dan mengasah dirinya untuk mengusai semua aspek pembelajaran PAK dalam K-13 demi menghasilkan peserta didik yang benar-benar beriman, berakhlak dan bermoral,”tegasnya. (Athi’/bd)