Kemenag Banjarnegara Terima Kunker DPRD Kabupaten Banjarnegara

Banjarnegara – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara, Agus Suryo Suripto didampingi para Kasi menerima kunjungan kerja (Kunker) Komisi 4 DPRD Kabupaten Banjarnegara Jum’at, (15/10/21)

Isti’anatun Minalloh, Ketua Komisi 4 bidang kesejahteraan masyarakat DPRD Kabupaten Banjarnegara dalam sambutannya menyatakan bahwa ada lima maksud kedatangan kunjungan kerja ke Kemanag Kabupaten Banjarnegara kali ini.

“Adapun lima maksud tujuan kunjungan kerja kali ini berkaitan dengan, satu masalah kematian ibu hamil dan pelanggaran seksual, kedua tengang lembaga diniyah seperti TPQ yang belum terayomi, tiga pembentukan kharakter di madrasah, keempat tentang pemberdayaan masyarakat, kelima berkaitan tentang informasi kegiatan haji,” ungkapnya.

“Kami Komisi 4 DPRD Kabupaten Banjarnegara ingin mengetahui tentang peran Kementerian Agama terkait lima hal ini,” jelasnya

Komisi 4 DPRD ini memang kerjanya berkaitan erat dengan tugas Kementerian Agama. Hal ini karena kerja komisi 4 terkaitan dengan moral religius keagamaan masyarakat.

Agus Suryo Suripto, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara menjelaskan bahwa secara umum Kemenag telah melaksanakan tugas dan peran terkait lima hal tersebut.

“Dari mulai kematian ibu hamil, Kemenag punya program kerja Bimwin (Bimbingan Perkawinan) hal ini untuk mengedukasi pasangan-pasangan yang mau menikah, selain itu Kemenag juga menolak menikahkan perkawawinan dibawah umur. Hal ini selain melanggar Undang-Undang juga mempunyai resiko besar terhadap perempuan yang nikah diusia muda,” jelasnya.

Kemenag Banjarnegara juga telah menjalin kerjasama dengan Rumah Sakit Islam Banjarnegara dengan Program Larasati.

“Program larasati ini sangat membantu kesehatan ASN Kemenag Banjarnegara,” imbuhnya.

Adapun terkait lembaga TPQ yang belum terayomi, Kemenag telah berusaha memberikan insentif kepada ustadz di TPQ. Hal ini karena TPQ juga termasuk lembaga penting dalam mengawal moral dan pembentukan moral bangsa.

Dan terkait informasi haji, Suryo menjelaskan bahwa Kemenag Banjarnegara telah melakukan sosialisai secara masif baik melalui pertemuan langsung maupun melalui media sosial.

“Kami telah menggelar tiga pertemuan terkait pembatalan haji karena Covid-19 ini, dan untuk informasi keberangkatan haji, Kami masih menunggu informasi dari pusat dan juga dari Arab Saudi,” jelasnya.

Diakhir kunjungan kerja ini, Suryo berharap bahwa kunjungan kerja DPRD ini semoga dapat memotivasi Kemenag untuk meningkatkan kualitas kerja sehingga dapat melayani masyarakat dengan baik,” pungkasnya. (ak/rf)