Kemenag Banyumas Raih 3 Penghargaan Pengelolaan Keuangan

Banyumas – Para Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Satker di wilayah kerja KPPN Purwokerto hadir dalam acara Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2017 yang dilaksanakan di Aula KPPN Purwokerto, Kamis (22/12).

Penyerahan DIPA merupakan awal dari rangkaian proses pelaksanaan APBN Tahun 2017 yang telah disepakati oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bersama pemerintah (Presiden) pada akhir Oktober 2016 dan menindaklanjuti Penyerahan DIPA 2017 dari Presiden pada tanggal 7 Desember 2016.

“Penyerahan DIPA Tahun 2017 ini dapat lebih awal, agar pelaksanaan pembangunan dan pencairan anggaran di pusat dan daerah dapat lebih lagi dari tahun 2016, guna menunjukkan langkah nyata serta manfaat kepada seluruh rakyat Indonesia khususnya di lingkungan Karesidenan Banyumas dan sekitarnya,” kata Kepala KPPN Purwokerto Suwajianto saat membuka kegiatan tersebut.

Selain itu, Suwajianto juga memaparkan bahwa anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) tahun anggaran 2017 memperkirakan pendapatan sebesar Rp. 1.750,3 Triliun, dengan rincian 85,6% dari penerimaan perpajakan, 14,3% dari PNBP, dan 0,1% berasal dari hibah.

“DIPA 2017 agar dicek apakah ada kesalahan penulisan nomenklatur, akun, KPA, dan seterusnya, kemudian perlu diperiksa apakah sudah sesuai dengan rencana pengajuan apa tidak. Jika ada kesalahan maka segera adakan revisi atau perbaikan,” pesan Suwajianto.

Lebih lanjut Suwajianto juga menyoroti masalah merger penganggaran antar Satker, dia mengambil contoh merger antara Satker MIN Purwokerto dan Kankemenag Kabupaten Banyumas menjadi satu DIPA, dia berharap proses merger tidak menimbulkan masalah dan proses SPJ bisa lancar.

Dalam kesempatan ini, KPPN Purwokerto memberikan piagam penghargaan kepada satker–satker yang dinilai berprestasi dalam kinerja pelaksanaan anggaran terbaik di wilayah pembayaran KPPN Purwokerto. Dalam kesempatan itu, Satker Kankemenag Kab. Banyumas meraih 3 penghargaan Terbaik Pertama kategori Ketepatan dan Keakuratan Rekonsiliasi Data Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2016, kategori Pengelolaan/Penyerapan Dana DIPA Tahun Anggaran 2016 Dengan Pagu Satker Diatas 5 Milyar, dan kategori Ketepatan dan Akurasi Rencana Penarikan Dana Satuan Kerja Tahun Anggaran 2016.

Selain Satker Kankemenag Kabupaten Banyumas, Satker MIN Purwokerto juga mendapat penghargaan Terbaik Kedua kategori Pengelolaan/Penyerapan Dana DIPA Tahun Anggaran 2016 Dengan Pagu Satker Dibawah 5 Milyar, sedangkan MAN Sumpiuh mendapat penghargaan Terbaik Kedua kategori Penyampaian Laporan Saldo Rekening Tahun Anggaran 2016.

Acara diakhiri dengan penandatanganan Pakta Integritas oleh masing-masing Kuasa Pengguna Anggaran Satuan Kerja lingkup KPPN Purwokerto. (hadi/gt)