Kemenag Cilacap Tingkatkan Kegiatan Ibadah Bagi ASN

Cilacap – Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan ampunan serta setiap amal ibadah akan dilipatgandakan pahalanya. Karenanya, setiap waktu luang walaupun sebentar hendaknya bisa digunakan untuk beribadah. Membaca Al Qur’an merupakan salah satu hal yang paling mudah dilakukan.

Untuk itu, selama bulan Ramadhan setiap ASN dianjurkan untuk tadarus Al Qur’an minimal selama 15 menit sebelum beraktifitas. Hal ini untuk memacu semangat membaca Qur’an seterusnya. Sehingga momen bulan suci betul-betul akan bisa memberikan efek positif pada bulan-bulan lain.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap melalui Kasubbag TU Jasmin, Senin (29/5) saat apel pagi di Halaman Kantor.

“Kepala Kantor minta agar setiap pagi, sebelum beraktifitas, setiap ASN tadarus Al Qur’an di ruang masing-masing. Di samping itu, di saat tidak ada layanan juga agar dimanfaatkan untuk tadarus. Kepala Kantor ingin agar minimal selama Ramadhan, tiap ruangan akan didengungkan dengan bacaan Qur’an. Dan program ini diharapkan akan tetap berjalan setelah Ramadhan usai,”katanya.

Selain tadarus Al Qur’an, aparatur pada Kemenag Cilacap juga agar mengikuti siraman rohani usai shalat Dhuhur. Pengajian tersebut sebagai salah satu program kegiatan selama bulan puasa. Pada pengajian ini, para pejabat secara bergilir mengisi pengajian dengan tema yang telah ditentukan.

Untuk menambah lengkapnya pembelajaran, Kakankemenag juga mendorong aparatur agar gemar bersedekah maupun infaq. Gerakan sedekah dan infak dikoordinir oleh Penyelenggara Syariah. Sedekah disalurkan ke Masjid Agung Darussalam untuk berbuka setiap Sabtu sore. Sedangkan infak disalurkan untuk perawatan dan pemeliharaan fasilitas musholla Ikhlas Kankemenag.(On/bd)