Kemenag Dampingi Ziarah Hari Jadi Banjarnegara ke 186

Banjarnegara – Peringatan HUT RI ke 72 dan Hari Jadi ke-186 Banjarnegara telah mengagendakan rangkaian kegiatan terjadwal di antaranya Ziarah ke makam Bupati Banjarnegara Senin kemarin (21/08). Kegiatan di pimpin oleh Bupati Banjarnegara – Budhi Sarwono didampingi jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Banjarnegara dan Kantor Kementerian Agama Banjarnegara.

Ziarah diawali ke makam Tumenggung Mangunyuhda Sedoloji di Dukuh Sarean desa Petambakan kecamatan Madukara, dilanjutkan ke Makam KRT Dipodiningrat di Kauman, Makam Soejirno di Makam Kelurahan Kuta-Banjarnegara, Makam KRT Joyonegoro I desa Blambangan, serta makam KRA Ario Soemitro Kolopaking di dusun Purboyoso Kelurahan Pucang kecamatan Bawang.

Budhi Sarwono mengatakan, ziarah tersebut merupakan wujud penghormatan atas jasa para pemimpin daerah pendahulu. “Karena Banjarnegara yang sekarang ini tidak lepas dari perjuangan mereka di masa lalu,” terangnya.

Kakankemenag H. Masdiro menyampaikan selama perjalanan, ziarah merupakan pengingat bahwa semua makhluk akan mati. Melalui ziarah pula diharapkan memberikan spirit agar generasi yang masih hidup lebih meningkatkan pengabdian kepada bangsa dan negara, “Sebagaimana di contohkan para pejuang syuhada yang sudah mendahului kita,” ucap Masdiro.

Disamping itu sebagai ASN juga berjuang dengan mengabdi kepada pemerintah dengan bekerja berintegritas, profesional, berinovasi, bertanggung jawab dan keteladanan, juga selalu meningkatkan kinerja pelayanan kepada masyarakat. Berkenan memimpin doa KH. Mohammad Syafi dari Penyelenggara Syariah-Kankemenag Banjarnegara.

Usai berziarah di makam KRA Ario Soemitro Kolopaking, Bupati membagikan santunan kepada warga yang tidak mampu di sekitar dusun Purboyoso. Santunan merupakan bagian dari tradisi setiap usai acara ziarah.

Bupati berharap masyarakat disekitar makam mantan bupati juga ikut merawat dan menjaga makam sebagai bentuk penghormatan kepada para pejuang tersebut.  (Nangim/Af)