Kemenag Demak Jalin Komunikasi dengan MUI

Demak – Kementerian Agama Kabupaten Demak menggandeng Majelis Ulama Indonesia (MUI) guna membentuk Tim Penulis dan Penyeleksi Naskah Khutbah, yang nantinya akan menerbitkan buku khutbah bulanan untuk empat jumatan. Melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh kedua belah pihak yang bertempat di ruang rapat Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak, Selasa (07/03).

“Buku khutbah atau bulletin ini berisi naskah khutbah jumat, yang mubtadol khal sesuai dengan zamannya. Sehingga melalui khatib nantinya informasi bisa tersampaikan dengan harapan jemaah yang hadir dapat memahami dan memaklumi situasi yang berkembang dengan sikap yang islami, yaitu Islam yang rahmatan lil alamin penyebar kedamaian, penyebar kesejahteraan bagi seluruh jagat raya beserta penghuninya,” terang Muhammad Thobiq Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak.

Selain membentuk Tim Penulis dan Penyeleksi Naskah Khutbah, Kakankemenag juga membentuk Tim Hisab Rukyat Kabupaten Demak. Tim ini nantinya akan memfasilitasi kepada para pemilik fasilitas umum yang ada tempat ibadahnya, seperti pom bensin (SPBU), pabrik-pabrik, sekolah dan juga tempat-tempat pelayanan umum. Bagi pengelola yang meminta tempat ibadahnya untuk diukur ulang arah kiblatnya sehingga arah kiblatnya menjadi benar.

Mengusung asa mulia, Thobiq mengajak kepada semua yang hadir untuk membudayakan tempat ibadah sebagai pusat tempat kegiatan umat, implementasinya Kementerian Agama akan memfasilitasi penyuluh PNS dan Non PNS untuk memperhatikan kebersihan, kesucian tempat ibadah di lingkungannya. “Ini sangat penting karena tempat ibadah merupakan simbol tempat suci sebagai tempat beribadah kepada Allah SWT, untuk itu tempat ibadah akan dilengkapi dengan alat-alat kebersihan seperti vacuum cleaner,” tegasnya. (sfk-tgh/gt)