MI Dimas 02 Turut Cetak Generasi Qur’ani

Pemalang – Sebanyak 43 siswa kelas enam pada MI Dewi Masyithoh 02 Banyumudal Kecamatan Moga mengikuti kegiatan tahfidzul qur’an juz 30 di halaman MI, Rabu (26/7). Tusiyati selaku Pengawas KKMI 03 turut menyaksikan jalannya kegiatan. Tusiyati memandang kegiatan tahfidzul qur’an ini sangat bermanfaat.

“Kegiatan hafalan juz 30 yang sudah menjadi rutinitas siswa sangat positif karena turut mencetak generasi qur’ani atau hafidz-hafidzah sekaligus bisa menjadi acuan dan standar madrasah lain. Kegiatan ini bisa menjadi unggulan madrasah karena di wilayah Moga masyarakat antusias sekali dan menjadikan daya tarik bagi mereka untuk menyekolahkan anaknya di MI Dewi Masyithoh 02,” tutur Tusiyati saat memberikan sambutan.

Hafalan juz 30 merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap hari mengawali pelajaran di setiap kelas sesuai dengan target surat pendek yang telah ditentukan oleh madrasah. Selama lima tahun pada siswa diharapkan bisa menyelesaikan hafalan juz 30 dengan bimbingan wali siswa. Tahfidzul qur’an tahun ini sudah memasuki tahun yang kedelapan.

Kepala MI Dewi Masyithoh 02, Untung mengharapkan kepada wali murid agar hafalan yang sudah dicapai oleh anak-anak bisa dilestarikan. Orang tua diharapkan bisa menyimak hafalan anak secara rutin agar tidak lupa.

Saat pelaksanaan tahfidzul qur’an, kemampuan hafalan para siswa turut diuji oleh para kyai, ustad, tokoh masyarakat, dan wali siswa. Ujian dilakukan dengan cara meneruskan ayat yang awalnya dilafalkan oleh penguji maupun melafalkan surat yang diminta oleh penguji.

Kegiatan berlangsung khidmat dan penuh haru. Banyak pengunjung yang meneteskan air mata menyaksikan kehebatan hafalan para siswa. Semoga kegiatan ini bisa menjadi inspirasi bagi madrasah lainnya. (tus/fi/rf)