Kemenag Dorong Peningkatan Profesionalitas dan Kompetensi Guru RA

Wonogiri – Dalam rangka meningkatkan tali silaturahim antar guru Raudlatul Athfal se Kabupaten Wonogiri, serta untuk meningkatkan mutu pendidikan di Raudlatul Athfal (RA), PD. IGRA (Ikatan Guru Raudhatul Athfal) Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan acara Halal bi halal dan pembinaan anggota IGRA, Kamis pagi (05/07) di RM. Alami Sayang Ngadirojo.

Dalam pembinaannya Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag yang baru lantik bulan kemarin, Fauzi Rohman Jauhari menyampaikan bahwa lembaga RA telah terbukti memainkan peran sekaligus memberikan kontribusi penting dalam upaya perbaikan sumber daya manusia Indonesia khusunya anak usia dini.

Sehingga RA kedepan harus terus berkembang lebih baik, tidak hanya sebagai lembaga pendidikan dini, tapi juga sebagai embrio mendidik moral generasi muda dan pengenalan agama yang baik.

Sistem pendidikan RA menurut Fauzi mempunyai kelebihan dan keunggulan sebab, sekarang RA bukan lagi menjadi alternatif sekolah TK. Tapi RA adalah pilihan masyarakat dan primadona, dimana mereka memasukkan anak untuk bekal dan mengenalkan agama Islam sejak dini. RA merupakan pondasi pendidikan yang kuat untuk mempersiapkan generasi bangsa yang iman, taqwa, sehat, ceria, peduli lingkungan, kreatif, soleh dan solehah.

“Kepada Guru Raudhatul Athfal yang tergabung di IGRA  untuk selalu dan selalu meningkatkan kualitas pendidikanya, bisa menarik perhatian masyarakat agar bersedia menyekolahkan anaknya di Raudhatul Atfal (RA) dan IGRA harus bisa menunjukan kualitasnya agar kepercayaan masyarakat kepada RA bisa meningkat sehingga banyak masyarakat yang menyekolahkan putra-putrinya di RA,” harap Fauzi.

Selain itu itu, Kasi Penmad juga menyampaikan kepada pengelola RA untuk meningkatkan profesionalitas dan kompetensi Guru RA mengadakan penguatan lembaga RA dan komitmen menerapkan kurikulum RA sehingga mutu anak didik di RA meningkat.

Selain itu IGRA juga harus di dorong mampu menyamakan visi, misi dan persepsi dalam penyelenggaraan pendidikan prasekolah dilingkungan Kantor Kementerian Agama dan mempunyai fungsi dan tugas mendorong dan memprakarsa pembaharuan dengan menyelenggarakan usaha dan kegiatan yang menunjang pelaksanaan proses pembelajaran, menampung dan menyatukan aspirasi anggota, menyelenggarakan usaha kegiatan ntuk meningkatkan dan memelihara kesejahteraan anggota.(mursyid_heri/Wul)