Farid Instruksikan ASN Kemenag Hadir Ikuti Apel Hari Lahir Pancasila di Kantor

Wonosobo – Satu hari jelang momentum peringatan Hari Lahir Pancasila yang diperingati pada tanggal 1 Juni 2021 besok, Kakankemenag Kab. Wonosobo Ahmad Farid, himbau kepada jajaran Kankemenag Kab. Wonosobo untuk hadir ke Kantor guna pelaksanaan upacara Peringatan Hari lahir Pancasila. Himbauan tersebut disampaikannya saat bertindak menjadi pembina dalam apel rutin hari Senin (31/5) tadi.

Dalam kesempatan tersebut Ahmad Farid menyampaikan ada surat yang diterima oleh Kankemenag Kab. Wonosobo kaitannya dengan pelaksanaan peringatan hari lahir Pancasila yakni Nota Dinas dari Kanwil Kemenag Prov. Jateng dan Surat dari Pemerintah Daerah Kab. Wonosobo,

“ada sedikit perbedaan dalam surat tersebut, dimana Kanwil menghimbau untuk pelaksanaan upacara secara virtual dan dari Pemda menghimbau Instansi dan Kantor di Kabupaten Wonosobo untuk menggelar upacara secara langsung,” jelas Farid.

Menyikapi keduanya, Ahmad Farid, melalui rapat pimpinan akhirnya memutuskan untuk menggelar upacara secara langsung dengan penerapan protokol kesehatan,

“lokasi dibagi menjadi dua yakni di aula dan di ruang rapat dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Nanti kedua lokasi tersebut sama-sama akan mengikuti upacara secara virtual,” tandasnya.

Berdasarkan Surat Edaran Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia nomor 04 Tahun 2021 tentang Pedoman Peringatan hari lahir Pancasila tahun 2021 disebutkan bahwa pelaksanaan upacara dilaksanakan serentak mulai pukul 07.45 wib secara virtual kombinasi, dengan rangkaian kegaitan yakni meliputi Acara Persiapan, Acara Pendahuluan, Acara Kebesaran, dan Acara Penutup.

Dalam surat edaran juga dituliskan bahwa seluruh warga negara Indonesia untuk mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2021 melalui siaran langsung di kanal youtube BPIP dan platform media sosial lainnya.

Selain itu juga dimuat tentang ketentuan pakaian untuk memeriahkan acara, yakni Pria dengan Pakaian Adat, Wanita Pakaian adat dan TNI/Polri menyesuaikan.

Terkait dengan Persiapan gelaran acara tersebut, Pasa Adi Nugraha selaku Humas Kankemenag Kab. Wonosobo menyampaikan sudah dilakukan setting lokasi dan peralatan yang digunakan untuk berlangsungnya acara, “sudah kami siapkan dua tempat seperti instruksi dari Bapak Kepala Kantor dan masing-masing lokasi kami setting dengan mengindahkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak tempat duduk, menyiapkan handsanitizer dan lainnya” ungkap Pasa Adi. Ps-ws