Kemenag Gelar Rakor Persiapan Dialog Penyuluh Lintas Agama

Salatiga — Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Dialog Penyuluh Lintas Agama, Senin (10/5) di ruang Kerja Kepala Kantor Kemenag Kota Salatiga.

Tampak hadir Kepala Kantor Kemenag Kota Salatiga, Kasubbag TU, Kasi Bimas Islam Penyelenggara Kristen dan Humas Kemenag Kota Salatiga.

Rapat dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman. Dalam sambutannya, beliau mengatakan kegiatan dialog penyuluh lintas agama rencananya akan dilaksanakan Selasa, tanggal 11 Mei 2021 di Rumah Moderasi yang diikuti penyuluh lintas agama se Kota Salatiga sebanyak 55 orang terdiri 40 orang Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS serta Penyuluh Agama Kristen, Katholik, Budha baik PNS dan non PNS.

Ditambahkan oleh Taufiq, kegiatan ini didesain dalam rangka mendukung program pembangunan Zona  Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Bebas Bersih Melayani (WBBM).

“Salah satu inovasi dari Kemenag Kota Salatiga adalah rumah moderasi. Maka hasil kegiatan ini nanti sebagai bahan paparan dengan Sekjend Kemenag RI untuk maju  penilaian dengan  Menpan RB,” katanya.

Menurut Taufiq, rumah moderasi merupakan program unggulan Kemenag Kota Salatiga maka yang menjadi fokus “before after” rumah moderasi.

Selanjutnya dalam dialog tersebut akan menghadirkan tiga narasumber yang digelar dalam bentuk panel. Adapun pemateri Kasubag TU dengan materi Silaturahmi Menguatkan Kerukunan Umat beragama; Kasi Bimas Islam dengan materi Peran Penting Penyuluh dalam Menciptakan Kondusivitas Kota Salatiga dalam perpektif Islam dan Penyelenggara Kristen  dengan materi Peran Penting Penyuluh dalam Menciptakan Kondusivitas Kota Salatiga dalam perspektif Kristen.(Humas/Khusnul-Fitri).