Kemenag Grobogan Tasyarupkan Zakat Dalam Pembagunan 30 Masjid Dan Mushola

Grobogan – Tanggal 3 Januari 2019 Kementerian Agama genap berusia 73 tahun. Dan untuk memperingati hari kelahiran Kementerian Agama, yang memiliki satuan kerja terbanyak di Indonesia kian semarak dengan sejumlah kegiatan sosial. Salah satunya Kantor Kemenag Kab.Grobogan. mengadakan aksi sosial dalam rangka Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag ini tak berhenti dengan pembagian 432 paket sembilan bahan pokok (sembako) kepada Mustahiq, guru RA/BA, GPAI ataupun bagi pedagang kecil saja. Tetapi pada hari Jum’at (11/01) Kantor Kemenag Kab.Grobogan melalui Unit Pengelola Zakat (UPZ) masih mentasyarupkan zakat untuk pembangunan 30 masjid dan mushola di Kabupaten Grobogan. Dan masjid pertama yang mendapat bantuan masjid Al Ma’ruf di dusun Nadri desa Katekan Kecamatan Brati.

Kepala Kantor Kemenag Kab. Grobogan Hidayat Maskur menyampaikan, bantuan sosial ini digelar dalam rangka memperingati HAB Kemenag yang dilakukan setiap tahun oleh Kemenag Kab.Grobogan. Dan zakat Kemenag Kab.Grobogan tahun 2018 memperoleh 642 juta untuk ditasyarupakan ke berbagai macam kegiatan. Dan salah satunya pentasyarupan zakat atau bantuan kali ini untuk  pembangunan 30 masjid dan mushola se Kabupaten Grobogan.    

“Kami dari Kemenag mentasyarupkan zakat setiap kunjungan atau safari sholat jum’at berjamaah ke masjid-masjid, untuk memberikan bantuan yang anggarannya diperoleh dari 2,5 persen Zakat profesi para ASN muslim di lingkup Kemenag Grobogan. Untuk tahun ini, tiap masjid kami memberikan bantuan sebesar 20 juta rupiah dan untuk Mushola sebesar 5 juta rupiah yang bersumber dari Zakat Profesi para pegawai muslim,” jelas Hidayat.

Lanjut Hidayat, Masjid adalah rumah tempat ibadah umat Islam atau Muslim, dan untuk meningkatkan rasa nyaman dalam melaksanakan ibadah sholat di masjid. Sehingga perlu adanya umat Islam mau bersama-sama bergotong royong membangun masjid dan menjaganya. Sebab, barang siapa yang berkontribusi dalam pembangunan masjid maka Allah SWT akan membangunkan rumah di surga kelak.

“Kegiatan seperti ini rutin kami lakukan setiap tahun, dalam memperingati Hari Amal Bakti sebagai bentuk kepedulian kami terhadap sesama yang selama ini hidup dalam bentuk bantuan, Selain memberikan bantuan rehab masjid dan bantuan juga diberikan santunan panti asuhan,” tambahnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Grobogan berharap kepada pengurus masjid dan masyarakat yang mendapat bantuan ini agar dapat memanfaatkan bantuan ini dengan baik untuk kepentingan umat islam,”Pinta Kepala Kemenag.

Sementara takmir masjid, Anshori menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada masjid Al Ma’ruf. Karena pembangunan masjid baru proses renovasi, semoga bantuan ini bisa dijadikan manfaat bagi masyarakat nadri untuk menyelesaikan pembangunan masjid Al Ma’ruf. (bd/gt)