Kemenag Karanganyar Tingkatkan Kompetensi Guru Agama Kristen

Karanganyar – Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar menggelar Pembinaan bagi Guru Pendidikan Agama Kristen di Hotel Wahyu Sari, Tawangmangu. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, 9-10/10 ini diikuti 25 peserta yang berasal dari Guru Pendidikan Agama Kristen, SD, SMP, SMA/SMK.

Kegiatan yang bertemakan peningkatan kompetensi, penguatan pendidikan karakter dan implementasi kurikulum 2013 ini dihadiri oleh Pembimas Kristen Kanwil Kemenag Prov. Jateng, Siswo Martono, Kepala Kankemenag Kabupaten Karanganyar, Ahmad Nasirin, Kasubbag TU, Wiharso dan Pengawas Mapel PAK, Sugiyanto.

Dalam pembinaannya, Kepala Kemenag Karanganyar, Ahmad Nasirin mengajak seluruh peserta untuk memaksimalkan potensi yang ada dalam mengajar anak didiknya. Menurutnya, seorang pendidik jangan terbatasi dengan keadaan, melainkan dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki.

“Kondisi kita saat ini memang kekurangan guru, namun demikian kita harus menggunakan sumber daya yang ada agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik”, kata Ahmad Nasirin.

Lebih lanjut Kepala Kemenag mengatakan bahwa seorang pendidik harus memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan kapasitasnya. Zaman terus berubah, begitupun dengan kita seorang guru harus menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi.

“Kita punya tanggung jawab meningkatkan kompetensi kita. Zaman terus berubah, proses pembelajaran yang model dulu sepertinya tidak relevan diterapkan saat ini, harus ada modifikasi dan perubahan ke arah yang lebih baik.” jelasnya.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini terbagi menjadi empat sesi, dimana masing-masing sesi terdapat narasumber yang memberikan materinya. Kebijakan Kemenag dalam peningkatan kompetensi guru, Implementasi KUB dalam dunia pendidikan, Implementasi Kurtilas, dan penguatan pendidikan karakter di Sekolah. (ida-hd/bd)