Kemenag Kebumen Buka Pendaftaran Petugas Haji Besok

Kebumen-Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) akan membuka pendaftaran petugas untuk pemberangkatan Haji tahun 2019. Hal ini disampaikan H Azam Sukri staf PHU Kankemenag Kebumen saat ditemui di ruang tamu seksi PHU, Rabu (13/2).

“Pendaftaran petugas Haji ini dibuka untuk seluruh ASN di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen besok,” tuturnya.

Azam menyampaikan bahwa formasi yang akan dibuka untuk petugas haji diantaranya adalah TPHI (Tim Petugas Haji Indonesia, TPIHI (Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia) dan Panitia Penyelenggara Haji Indonesia (PPIH) Arab Saudi. “Kita kejatah 5 orang petugas untuk tahun ini, TPHI 3 orang, TPIHI 2 orang dan 1 orang untuk PPIH Arab Saudi,” jelasnya.

Menurutnya pendaftaran akan dibuka mulai besok tanggal 14 – 20 Februari 2019, dan berkas yang masuk akan diseleksi oleh panitia yang akan diumumkan pada tanggal 24 Februari. Selanjutnya untuk seleksi tertulis sedianya akan dilaksanakan pada tanggal 25 Februari 2015.

Masih seperti tahun-tahun sebelumnya, beberapa persyaratan petugas haji untuk tahun ini tidak berbeda jauh. “Seperti halnya masih diutamakan bagi ASN yang sudah pernah pergi Haji,” ucap Azam.

Terkait dengan seleksi petugas haji ini, hasil nilai dari masing-masing formasi akan dirangking untuk bisa seleksi di Kanwil Kemenag Provinsi Jateng. Selanjutnya proses ujian dengan sistem CAT (Computer Assisted Test) dan wawancara menunggu informasi dari Kanwil.

Namun begitu Azam mengatakan bahwa peserta yang lolos seleksi ke kanwil akan kita lipatkan menjadi dua kali sesuai rangking yang diraih peserta. “Biar nanti kanwil yang akan menyeleksi lebih lanjut untuk kebutuhan di masing-masing formasi tersebut,” pungkasnya.(pt/wul)