Kemenag Klaten Adakan Sosialisasi Pengisian Paspor Haji

Klaten – Kementerian Agama Kabupaten Klaten melalui KUA Kecamatan menyelenggarakan sosialisasi persiapan awal dokumen haji, persiapan pengajuan permohonan paspor dan bimbingan pengisian formulir Perdim 11. KUA Kecamatan Delanggu merupakan salah satu KUA yang mengadakan bimbingan,  yang bertempat di RM Kuliner Delanggu yang diikuti  sebanyak 31 jamaah calon haji Kecamatan Delanggu mengikuti bimbingan yang dipandu ASN KUA Kecamatan Delanggu,(19/11).

Kepala KUA Kecamatan Delanggu, Ahmadi mengatakan, ibadah haji merupakan satu rangkaian ibadah yang memerlukan waktu yang cukup lama, sehingga dibutuhkan kerjasama semua pihak yang saling terkait. Dan kerjasama itu dimulai dari sekarang diantaranya Kemenag Klaten dengan Kantor Imigrasi Kelas I Surakarta, dalam pembuatan paspor.

“Kegiatan ini dilakukan untuk melayani dan memudahkan jamaah calon haji tahun 2018 dalam pengisian formulir Perdim 11, sehingga proses pengajuan permohonan paspor bisa secepatnya dilakukan,” ujar Ahmadi.

“Perdim 11 merupakan Formulir Surat Perjalanan Republik Indonesia untuk warga negara Indonesia. Mengisi formulir ini merupakan salah satu persyaratan dalam pengajuan permohonan paspor. Pengisian Perdim 11 bagi jamaah calon haji Kecamatan Delanggu dilakukan secara kolektif. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan jamaah calon haji dalam pengisian formulir Perdim 11,” tandasnya.

“Data dilengkapi dengan selengkap mungkin supaya tidak terhambat pada saat proses pembuatan paspor. Mohon agar tidak ada kesalahan dalam pengisian data khususnya terkait dengan identitas diri. Benar-benar harus jelas dan harus ada data pendukung seperti KTP, ijazah  dan akta kelahiran, sehingga tidak ada masalah ketika dibawa ke Kantor Imigrasi,” terangnya.

Diharapakan dalam pengisian perdim bisa selesai secepatnta dan tidak ada kesalahan, didukung oleh kelengkapan dokumen yang sah. Kementerian Agama melalui KUA akan terus memberikan bimbingan dan pendampingan terhadap calhaj dari mulai pembuatan paspor sampai proses pemberangkatan dan pemulangan haji.

Wahono, salah satu jamaah calon haji mengatakan, “bimbingan pengisian perdim ini sangat-sangat penting sekali dan membantu bagi calhaj, karena banyak calhaj yang sudah tua dan sangat berguna untuk menghindari kesalahan pengisian.”(aj/sua).