Karanganyar Resmikan Pelayanan Haji Satu Atap, One Stop Service

Karanganyar – Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar secara resmi meluncurkan Pelayanan Haji Satu Atap. Pelayanan haji yang disinyalir akan memudahkan proses pendaftaran ibadah haji bagi masyarakat ini diresmikan bersamaan dengan tasyakuran pembangunan gedung balai nikah dan manasik haji (KUA) Kecamatan Kerjo yang selesai pada awal bulan ini, Jumat (25/11).

Kepala Kemenag mengatakan bahwa Kementerian Agama terus melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki kinerja, mewujudkan good and clean government, serta meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat dengan sungguh-sungguh.

“Sebagai wujud kesungguhan Kemenag dalam memberikan pelayanan prima, saat ini Kemenag Karanganyar akan semakin memudahkan masyarakat, khususnya jamaah haji dengan apa yang kita sebut pelayanan haji satu atap, one stop service,” ucap Musta’in.

Lebih lanjut Kepala Kantor mengatakan bahwa kalau sebelumnya untuk menyelesaikan proses pendaftaran ibadah haji, jamaah harus wira-wiri, bolak-balik dari Bank ke Kemenag kembali lagi ke Bank dan menuju Kemenag lagi.

“Insya Allah nanti cukup datang ke Kantor Kementerian Agama saja, dari A – Z kita selesaikan di Kemenag karena Bank Penerima Setoran Haji (BPS) sudah ada di sana,” tandasnya.

Pelayanan haji satu atap ini akan dibuka mulai hari Kamis, 1 Desember 2016 di Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar dan didukung oleh Bank Niaga Syariah Solo, BRI Syariah Palur, BSM Palur, dan Bank Panin Dubai Syariah Solo. Dengan demikian, pelayanan haji satu atap, one stop service merupakan yang pertama di Karisidenan Surakarta, mendahului Kemenag Kabupaten/Kota lainnya.

Launching Pelayanan Haji Satu Atap yang bersamaan dengan tasyakuran KUA Kecamatan Kerjo itu dihadiri Bupati Karanganyar (Juliyatmono), Kepala Kemenag Karanganyar (Musta’in Ahmad), Kasubbag TU (Wiharso), Camat Kerjo, aparat keamanan (TNI/Polri), serta tamu undangan yang berasal dari unsur pegawai Kemenag dan tokoh agama sekitar.

Sementara itu, Bupati Karanganyar berharap dengan pembangunan gedung balai nikah dan manasik haji serta peluncuran pelayanan haji satu atap ini, pegawai Kementerian Agama lebih memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat.

Sembari berseloroh, Bupati yang pernah menjadi bagian dari Kementerian Agama dengan menjadi CPNS di KUA Karanganyar ini mengajak semua tamu undangan yang belum berhaji untuk segera mendaftar.

“Jangan karena antriannya yang lama, kita malah menunda daftar ibadah haji. Yang benar adalah segera daftar, urusan berangkat ke tanah suci kita serahkan pada Allah SWT,” ucap Juliyatmono.

Disamping itu, Bupati Karanganyar juga memberi apresiasi yang besar atas andil Kementerian Agama yang luar biasa dalam program-program Pemerintah Kabupaten. Setelah pada tahun ini seluruh Kepala KUA mendapatkan bantuan sepeda motor baru, pada tahun 2017 nanti Bupati Karanganyar berjanji akan memberi hibah sebuah mobil baru kepada Kepala Kemenag untuk operasionalnya. (hd/gt)