Kemenag Kota Semarang Teguhkan Komitmen Jaga Pancasila

Semarang – Terbitnya Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 1 Juni 2016 menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila dan tanggal 1 Juni sebagai hari libur nasional. Setiap tanggal 1 Juni pemerintah bersama seluruh komponen bangsa dan masyarakat Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila.

Peringatan hari lahir Pancasila juga dilaksanakan oleh Kementerian Agama Kota Semarang. Kepala Sub Bagian Tata Usaha Labib memaparkan beberapa kegiatan yang dilaksanakan Kementerian Agama Kota Semarang berupa pemasangan MMT, upacara bendera, pembacaan deklarasi kesetiaan ASN dan kegiatan Pembudayaan Nilai-Nilai Pancasila bagi ASN.

Labib menjelaskan, dasar kegiatan adalah Surat Menteri Sekretariat Negara tentang Penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2017 dan Pekan Pancasila serta Surat Edaran Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah tentang Gerakan Pembudayaan Pancasila Dalam Rangka Menyongsong Hari Lahir Pancasila. Disamping itu juga berdasarkan pada Surat Edaran Sekjen Kemenag dan Surat Kakanwil Kemenag Jateng tentang Upacara Bendera tanggal 1 Juni 2017.

Sesuai dengan petunjuk dari Setneg, Kemenag pusat dan Kanwil, upacara bendera peringatan Harlah pancasila di Kankemenag Kota Semarang dilaksanakan Kamis (01/06) pukul 07.45 WIB. Upacara diikuti oleh jajaran pejabat dan ASN Kemenag Kota Semarang bertempat di halaman kantor setempat. Pada saat upacara dibacakan Deklarasi Kesetiaan ASN yang ditirukan oleh seluruh peserta upacara. Deklarasi ini memuat kesetiaan dan taat pada Pancasila, UUD 1945, menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI serta menghargai perbedaan dan keberagaman sesuai Bhinneka Tunggal Ika.

Pada tanggal 2 Juni 2017, dilaksanakan kegiatan Pembudayaan Nilai-Nilai Pancasila bagi ASN. Kegiatan terselenggara bekerjasama dengan Polrestabes Semarang diikuti oleh Kepala, Kasubbag TU, Kasi, Gara, Kepala Madrasah Negeri, Kepala KUA Kecamatan, perwakilan Pengawas, Penyuluh, Pegawai KUA dan Kemenag bertempat di Ruang Rapat Kantor Kemenag Kota Semarang.

“Pada kegiatan ini kami menggandeng Polres yang mempunyai tugas pokok penegakan hukum, memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat,” terang Kasubbag.

Ia berharap dengan penyelenggaraan kegiatan ini memberikan penyegaran kepada ASN di lingkungan Kemenag Kota Semarang sehingga bisa merefleksi diri dan mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam pelaksanaan tugas kedinasan sehari-hari.

Sementara itu Kakankemenag Kota Semarang Muh Habib mengutarakan bahwa rangkaian kegiatan dimaksudkan agar ASN di lingkungan Kemenag Kota Semarang lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sebagaimana isi sambutan Presiden RI dalam rangka Peringatahn Harlah Pancasila Tahun 2017.

“Kementerian Agama Kota Semarang siap meneguhkan komitmen, mendukung dan berperan aktif untuk menjaga dan membudayakan Pancasila. Kemenag juga siap untuk meningkatkan pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” pungkas Kakankemenag.(ch/gt)