Kemenag Kota Surakarta Gelar Bimbingan Manasik Haji terhadap 527 JCH

Surakarta – Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta menggelar bimbingan manasik bagi 527 jamaah calon haji (JCH) tahun 1439 H/2018 M yang dilangsungkan selama 2 hari di Hotel Dana Jalan Slamet Riyadi Surakarta, Senin – Selasa (9-10/7).

Dalam arahannya, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi jawa Tengah, Farhani,  menyampaikan bahwa kita patut bersyukur menerima panggilan untuk menunaikan ibadah haji karena dari sekian banyak penduduk Indonesia, kitalah yang terpilih hari ini.

“Seyogyanya kita bersyukur karena menerima panggilan Allah SWT, Nabi Ibrahim AS dan Muhammad Rasulullah untuk melengkapi rukun islam kita. Hal ini saya sering sampaikan kepada jemaah calon haji pada kegiatan yang sama di Kabupaten lain di jawa Tengah,” Ujar Farhani, mengawali sambutannya.

Selanjutnya Farhani menyinggung masalah Komitmen pemerintah daerah Kabupaten/Kota mengeluarkan Perda dalam hal mempermudah layanan haji sebagai implementasi terhadap peraturan pemerintah tentang pelaksanaan layanan haji.

“Hal yang sangat substantif saat ini adalah bagaimana peningkatan pelaksanaan penyelenggaraan dan layanan ibadah haji dengan target indeks kepuasan masyarakat minimal mencapai 80  persen. Hal ini tidak mudah mengingat polemik yang sering terjadi pada pelaksanaan ibadah haji di setiap tahunnya,” ungkap Farhani.

Di akhir sambutannya, beliau berpesan bahwa istitho’ah bukan hanya sekedar syarat tetapi menjadi prioritas utama untuk berhaji sehingga kita perlu menjaga kesehatan dengan mengatur pola makan dan memilah makanan yang sesuai standar sehat, serta mulai berolahraga yang teratur.

“Patuhlah pada ketua kloter, ketua rombongan dan regu demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” harapnya.

Pada kesempatan itu pula,hadir Plt Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta Musta’in Ahmad,  Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Petugas Haji Kloter 38,39,dan 40 baik TPHI,TPIHI,TPHD dan TKHI.

JCH asal Kota Surakarta akan berangkat ke tanah suci pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 1439 H/2018 M dalam kelompok terbang (kloter) 38,39 dan 40 sebanyak 527 orang.Laki-laki berjumlah 231orang. Perempuan berjumlah 271 orang dengan petugas 7 orang terdiri dari TPHI,TPIHI,TPHD dan TKHI yang mutasi berjumlah 18 orang.Ke tiga kloter tersebut akan masuk Asrama Haji pukul 06.00 untuk kloter 38, pukul 08.00 untuk kloter 39, dan pukul 10.00 untuk kloter 40. (rma/Wul)