Kemenag libatkan Ormas Keagamaan dukung TMMD di Karanganyar

Karanganyar – Pengerahan massa unsur keagamaan pada upacara pembukaan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Reguler ke 94 di Desa Ngadirejo-Mojogedang begitu kentara. Dominannya unsur keagamaan yang mengikuti upacara tersebut tidak terlepas dari peran Tim TMMD Ke-94 Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar yang kerap melakukan koordinasi dengan segala pihak. Bak gayung bersambut kata berjawab, semua unsur keagamaan yang berada di Kabupaten Karanganyar meresponnya dengan penuh semangat dan tanggung jawab. Hasilnya pada upacara pembukaan TMMD Reguler ke 94 tersebut, 7/05/2015, lebih dari separuh peserta upacara TMMD berasal dari unsur keagamaan di Kabupaten Karanganyar.

Dengan seragam khasnya, satgas dari empat organisasi Islam terbesar di Kabupaten Karanganyar mengikuti upacara pembukaan tersebut. Muhammadiyah, Nahdatul Ulama (NU), Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), dan Majelis Tafsir Al Quran (MTA). Tak mau kalah, satgas TMMD dari pegawai pns Kemenag, pegawai kemenag pns non satgas, penyuluh non pns, pemuda kristen dan unsur keagamaan lainnya memenuhi barisan sepanjang lapangan. Bahkan dibeberapa titik terdapat kerumunan unsur keagamaan yang tidak dapat mengikuti upacara pembukaan TMMD ke 94 karena lapangan yang sudah terisi penuh.

Tidak sedikit masyarakat dan pihak lain yang terlibat dalam TMMD reguler ke 94 di Karanganyar ini kagum dengan kebersamaan dan semangat yang ditampilkan jajaran Kementerian Agama. “Kementerian Agama bagus mas, kompak-kompak semua orangnya. Proaktif sekali dalam TMMD ini sehingga kami sangat terbantu. Secara keseluruhan kami senang bekerjasama dengan Kementerian Agama”, ucap seseorang yang berseragam tentara sesaat upacara pembukaan TMMD reguler ke 94 selesai dilaksanakan.

Keesokan harinya, beberapa unsur keagamaan yang berasal dari satgas ormas keagamaan datang ke lokasi TMMD untuk membantu TNI dan warga membangun desa. Sedangkan dari pihak kementerian agama dan penyuluh non pns baru mulai dijadwalkan pada hari ini, senin, 11/05/2015. Selama enam belas hari kedepan sampai tanggal 26 Mei 2015, Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar beserta unsur keagamaan didalamnya akan dijadwal untuk mengikuti gotong royong di lokasi TMMD.

Menonjolnya unsur keagamaan pada TMMD ke 94 kali ini sesuai harapan dari Kepala Kankemenag Kabupaten Karanganyar, Musta’in Ahmad yang menginginkan agar kedepannya nilai-nilai agama dapat lebih dominan di masyarakat. Melalui momen yang tepat seperti TMMD ini, sedikit banyak akan mengubah mindset masyarakat yang mengira orang-orang beragama hanya pintar dalam hal memberi nasehat, namun lebih dari itu mereka juga berusaha semampunya untuk ber-uswatun hasanah. (Hadi)