Kemenag Pati Kebut Persiapan Musim Haji 1439 H

Pati – Mulai mendekati masa operasional musim haji tahun 1439 H, Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati terus mengebut berbagai persiapan. Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kabupaten Pati Abdul Kamid, saat ditemui di kediamannya, Ds. Sambilawang Kecamatan Trangkil Pati, Senin (19/02/2018)

Mulai Desember 2017 sudah dilakukan pertemuan awal dengan calon haji 1439 H dan koordinasi dengan Kantor Imigrasi Pati. Sehingga pada pertengahan Desember 2017 sudah dimulai pengambilan foto dan sidik jari biometrik untuk pembuatan paspor calon haji 1439 H. Kegiatan pengambilan foto dan sidik jari biometrik ini dilakukan setiap hari sesuai jam kerja, paparnya.

Kamid menjelaskan lebih lanjut, Mulai 29 Januari 2018, kegiatan penyelesaian paspor haji di Kantor Imigrasi Pati tidak hanya dilakukan oleh calon haji asal Kab Pati, akan tetapi dilakukan juga oleh calon haji asal Kab Jepara, Kudus, Rembang, dan Blora, imbuhnya.

Oleh karena itu, mulai 29 Januari 2018, calon haji asal Kab Pati hanya bisa melakukan proses penyelesaian paspor di hari Jumat saja. Karena untuk hari-hari yang lain dijadwalkan untuk Kabupaten lain, terangnya.

Data statistik sampai dengan minggu ketiga Februari 2018, sudah 1.041 eksemplar paspor calon haji Kab Pati yang tercetak. Dengan demikian tinggal sekitar 450-an calon haji yang masih menunggu jadwal pembuatan paspor di kantor imigrasi Pati. karena sekitar 150-an calon haji sudah memiliki paspor, tegasnya.

Ditargetkan pada akhir April 2018 atau sebelum bulan ramadhan 1439 H seluruh pembuatan paspor haji sudah bisa diselesaikan, tutupnya mengakhiri keterangannya malam ini. (Athi’/bd)