Penyaluran bantuan sembako kepada takmir masjid dan penyuluh honorer

Kemenag Peduli untuk Masyarakat Terdampak Covid

Purworejo – Dalam rangka meringankan beban masyarakat terdampak pandemi covid-19, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo menyelenggarakan kegiatan bertajuk Donasi Peduli Covid dan Sosialisasi 5M +1D pada Selasa (3/8).

“Tujuan kegiatan ini yaitu mensosialisasikan program 5M+1D yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan serta yang tidak kalah pentingnya adalah doa. Dan sekaligus membantu meringankan beban saudara-saudara kita terdampak pandemi dengan membagikan paket sembako plus alat pelindung diri,” ujar Kepala Kankemenag Kabupaten Purworejo, Fatchur Rochman.

Adapun donasi berasal dari dana infak dan sedekah seluruh ASN Kemenag. Untuk itu, orang nomor satu di Kankemenag Kabupaten Purworejo tersebut tak lupa memberikan apresiasinya. “Terima kasih kepada sahabat-sahabatku seluruh ASN yang telah berpartisipasi mendonasikan sebagian rizkinya sehingga kegiatan ini bisa terwujud,” ungkapnya.

Paket diberikan kepada masyarakat di antaranya adalah takmir masjid mushala dan penyuluh honorer. “Total ada 280 paket yang kita bagikan. Setiap paket berisi beras, minyak, gula, mi instan, kecap, masker dan hand sanitizer,” terang Kasi Bimas Islam Uan Abdul Hanan selaku koordinator kegiatan. “Kita juga selalu mensosialisasikan 5M + 1D ini kepada penerima donasi yang kebetulan adalah takmir dan penyuluh agama dengan harapan mereka dapat menularkan kebiasaan baik ini kepada masyarakat sekitar sehingga pandemi ini bisa segera berakhir,” lanjutnya. Penyaluran bantuan ini merupakan yang kedua setelah sebelumnya, Kemenag memberikan bantuan berupa alat kesehatan yang disalurkan ke tempat-tempat ibadah seperti masjid, gereja, dan wihara di sejumlah wilayah di Kabupaten Purworejo. (Sgy/bd)