Kemenag Permudah Akses Layanan Pendaftaran Haji

Kendal – Upaya Kementerian Agama Kabupaten Kendal dalam peningkatan pelayanan dan mempermudah akses pendaftaran ibadah haji terus ditunjukkan dengan adanya Mobil  Kas dan Kantor Bank Penerima Setoran Biaya Pendaftaran Ibadah Haji (BPS BPIH) dilingkungan Kantor Kemenag,  hal ini sesuai dengan komitmen dan tagline yang diusung Kemenag RI yaitu “Lebih Dekat Melayani Umat”.

Peraturan Menteri Agama (PMA) No 29 Tahun 2015 yang merupakan perubahan atas PMA no 14 Tahun 2012 menyederhanakan pendaftaran haji menjadi 2 fase yakni calon jamaah haji membuka tabungan di BPS BPIH dan setelah mendapat validasi CJH kemudian mengisi formulir di Kemenag dan mencetak nomor porsi.

Seiring penyederhaan pendaftaran, secara berangsur Kemenag juga berupaya menghadirkan layanan satu atap. Caranya, mendekatkan pihak – pihak   yang berkompeten terhadap pendaftaran haji.

“Kita beri kesempatan BPS BPIH untuk membantu mendekatkan pembukaan rekening dan pendaftaran haji,” Ujar Kepala Seksi PHU Kemenag Kendal Sumari Kamis (02/02) di ruangan pendaftaran haji.

Di Kabupaten Kendal ada beberapa BPS BPIH diantaranya BRI Syariah, Bank Syariah Mandiri, Bank Muamalat, Bank Jateng, danbeberapa bank di Kota Semarang yang melayani pendaftaran jamaah haji dari Kabupaten Kendal yaitu  BNI Syariah, Bank Permata Syariah, Bank Panin Syariah dan CIMB Niaga Syariah.

“Adanya  mobil kas CIMB Niaga Syariah dan kantor Bank Permata Syariah di lingkungan kemenag untuk mendekatkan jarak antara pembukaan rekening  dan pendaftaran haji,” Ujar  Sumari Kamis.

Sumari melanjutkan, meskipun tidak satu gedung namun jarak antara mobil kas dan kantor BPS BPIH dengan ruangan pendaftaran haji  hanya 10 meter sehingga masih bisa disebut layanan satu atap karena hanya butuh waktu dibawah satu jam untuk menyelesaikan pembukaan rekening dan pendaftaran haji.

Sementara itu,  pihak CIMB Niaga Nur Rachma maulida  mengatakan  dengan membuka layanan mobil kas di halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal setiap pekan 2 kali, pihaknya berupaya mendukung  Kementerian Agama yang berusaha menyederhanakan dan memberikan kemudahan akses pendaftaran Haji bagi masyarakat. (ja/gt)