Kemenag Persiapan Peserta Karya Ilmiah Tingkat Jawa Tengah

Rembang – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang saat ini tengah mengadakan sosialisasi kepada guru dan pengawas untuk mengikuti lomba Karya Ilmiah tingkat Kemenag Provinsi Jawa Tengah.

Hal tersebut disampaikan oleh Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kabupaten Rembang, Jasim pagi tadi. Jasim mengungkapkan hal tersebut kendati belum ada edaran dari Kanwil tentang waktu pelaksanaan lomba.

“Seleksi tingkat Kabupaten ini kami adakan sebagai persiapan jauh-jauh, agar menjelang lomba provinsi nanti kami sudah siap mengajukan peserta,” kata Jasim ketika diwawancarai di ruangannya.

Jasim berharap akan banyak guru yang ikut seleksi ini. Kegiatan ini juga diadakan dalam rangka menggali potensi guru madrasah dan pengawas di lingkungan Kemenag Rembang. “Dengan adanya seleksi ini, kami bisa tahu guru-guru yang ternyata memiliki potensi yang mungkin selama ini tidak terlihat,” katanya.

Seleksi ini akan terbagi dalam beberapa kategori, yaitu guru RA, MI, MTs, dan MA; Kepala RA, MI, MTs, dan MA; serta pengawas madrasah.

Hingga kini, Rembang telah mencatat beberapa prestasi. Antara lain Siti Maryati sebagai juara I tingkat nasional untuk kategori guru MI tahun 2015. Siti Maryati bahkan menerima penghargaan Satya Lencana dari Presiden RI Joko Widodo.

Sedangkan pada tahun 2017, Kepala MTs Maslakul Huda Sluke, Sumardi juga didampuk sebagai juara I untuk kategori Kepala MTs. Namun Sumardi belum berhasil di tingkat nasional.

Jasim berharap, akan muncul bibit guru lainnya. “Kami yakin masih banyak guru-guru dan Kepala MI yang belum memunculkan potensinya,” pungkasnya. — ss/bd