Kemenag Rembang Budayakan Kerja Bakti Tiap Jumat

Rembang – Kerja bakti merupakan kegiatan positif yang bertujuan untuk memupuk rasa tanggung jawab terhadap lingkungan sekitar. Selain itu, kerja bakti juga dapat menciptakan kebersamaan antar sesama di sebuah lingkungan.

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang telah membudayakan kerja bakti ini, terutama setiap Jumat pagi. Usai apel, semua staf kantor diminta untuk bekerja bakti membersihkan lingkungan sekitar, baik dalam ruangan maupun luar ruangan.

Hal ini secara tegas diperintahkan oleh Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, Atho’illah. Dikatakannya, hari Jum’at adalah hari khusus untuk kerja bakti. Dengan bekerja bakti, ASN akan mempunyai rasa tanggung jawab terhadap kebersihan lingkungannya.

“Saya singgung berkali-kali, setiap ASN harus memperhatikan kebersihan ruangan dan lingkungan sekitar. Termasuk membuang sampah pada tempatnya,” tandas Atho’illah.

Kerja bhakti ini juga untuk menciptakan kebersamaan antar ASN. Atho’illah mengatakan, dengan bekerja bakti, semua ASN akan tampak guyub membersihkan lingkungan. Kekompakan juga diperlukan dalam membersihkan lingkungan ini, dengan sesekali melontarkan candaan.

Pagi ini, kerja bakti dilakukan di halaman belakang kantor yang sebelumnya berdiri dua unit rumah dinas kantor Kemenag yang telah dirubuhkan dan dibongkar. Rumah dinas ini merupakan bangunan negara yang telah dihapus dari daftar BMN Kankemenag Kabupaten Rembang. Rencananya, akan diajukan lagi anggaran untuk pembangunan gedung baru. — iq/bd