Tingkatkan Kompetensi Guru Bahasa Indonesia Dengan Program PKB

Banjarnegara — Guru sangat berperan dalam proses belajar mengajar. Guru adalah penentu berhasil atau tidaknya sebuah proses belajar mengajar. Oleh karena itu, dalam proses pendidikan dan pengajaran perlu tersedianya guru yang berkualitas. Selain itu, guru harus menguasai materi pelajaran, metode mengajar, juga mengerti tentang dasar-dasar pendidikan.

Karena itu, perlu diadakan kegiatan peningkatan mutu guru. Musyawarah Guru Mapel Madrasah Tsanawiyah khusus mapel Bahasa Indonesia dari kelas 7,8 dan 9 yang tergabung dalam di daerah kabupaten Banjarnegara, mengadakan kegiatan Pengembangan Profesi Berkelanjutan (PKB) bersama.

Kegiatan PKB ini dilaksanakan Senin (8/11/2021) di MTs Negeri 3 Banjarnegara. Bertindak sebagai narasumber adalah tim dari Fasda Bahasa Indonesia.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Laela Nuraeni selaku Pengawas MTs/MA Kemenag Kabupaten Banjarnegara. Acara ini diikuti oleh guru kelas 7, 8, dan 9 Madrasah Tsanawiyah dari MTs Se-Kabupaten Banjarnegara.

Dalam sambutannya, Laela Nuraeni mengatakan kegiatan PKB Guru sangat perlu dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu guru dalam menjalankan tugasnya untuk mendidik siswa – siswi.

“Mengajar itu merupakan tugas utama seorang guru. Oleh karenanya kompetensi guru dalam mengajar harus ditingkatkan, dimulai dari bagaimana guru menyiapkan bahan ajar, cara guru mengajar, bagaimana guru mengevaluasi pembelajaran harus dikuasai oleh seorang guru,” ungkap Laela.

Sementara itu ketua MGMP MTs Mapel Bahasa Indonesia Kabupaten Banjarnegara, Endah Wahyuningsih mengatakan kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk mempererat tali silaturrahmi antar guru di berbagai wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Banjarnegara. “Selain itu, program PKB ini, dilakukan dalam rangka belajar bersama untuk meningkatkan kualitas kinerja guru dalam melaksanakan tugasnya mendidik siswa – siswinya,” terangnya

Dengan dipandu oleh Fasilitaor Daerah Bahasa Indonesia, Dwi Widiyastuti, program PKB berjalan lancar dan penuh semangat. “Guru diharapkan mampu menerapkan berbagai metode pembelajaran dan juga menyiapkan segala perencanaan sebelum melaksanakan pembelajaran. Hal ini dalam rangka untuk mencapai tujuan pembelajaran itu sendiri,” pungkas Widya (en/ak/rf)