Kemenag Rembang Gelar Rakor Persiapan KSM

Rembang – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang menggelar rapat persiapan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) pada Kamis- Jumat (12-13/8/2021) secara daring. Rapat ini melibatkan semua madrasah peserta KSM tingkat MI, MTs dan MA.

Rapat ini membahas persiapan yang harus dilakukan pihak madrasah, yaitu perangkat beserta proktor, juga kesiapan pengawas. Menurut rencana, KSM yang difasilitasi oleh Kementerian Agama RI ini akan dilaksanakan pada 21-23 Agustus 2021. Adapun uji coba akan dilakukan pada 14-16 Agustus 2021.

Pada 21 Agustus, KSM dijadwalkan untuk MA dengan enam mata pelajaran, yaitu Matematika dan Biologi, Fisika dan Kimia, serta Ekonomi dan Geografi. Masing-masing mapel berdurasi waktu 120 menit.

Sementara KSM untuk MTs dilaksanakan pada 22 Agustus 2021 dengan mapel Matematika, IPA dan IPS. Adapun tingkat MI pada 23 Agustus 2021 dengan waktu 90 menit untuk masing-masing mapel, yaitu Matematika dan IPA.

Pemandu rapat, Chaizatul Chasanah mengatakan, KSM ini akan melibatkan pengawas dan proktor. Masing-masing diharuskan memiliki kompetensi. Pengawas harus bisa mengoperasikan Komputer dan dapat berkomunikasi dengan baik. Selain itu harus  sehat jasmani dan rohani dan telah memahami petunjuk teknis pelaksanaan ujian.

Adapun proktor berasal dari masing-masing madrasah. “Proktor haru memahami konsep komputer, jaringan dan sistem operasi. Dapat berkomunikasi dengan baik dan sehat jasmani dan rohani. Selain itu juga memahami petunjuk teknis pelaksanaan ujian,” jelas Chaiza. — iq