Kemenag semarakkan kegiatan keagamaan selama Ramadhan

Karanganyar – Setelah sukses menyelenggarakan berbagai kegiatan ibadah di bulan suci Ramadhan bersama pemerintah daerah, Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar kembali mengadakan i’tikaf (berdiam diri di masjid) dan semaan Al Quran. Kegiatan yang mengambil tempat di Masjid Agung Kabupaten Karanganyar ini dimulai kemarin malam, 07/07/2015 hingga menjelang Idul Fitri 1436H.

Sedikitnya ada dua ratusan orang mengikuti i’tikaf dan semaan Al Quran yang dibuka oleh Bupati beserta pejabat daerah lainnya termasuk Kepala Kankemenag Kabupaten Karanganyar. Sebagian besar peserta i’tikaf adalah bapak-bapak, namun banyak juga dijumpai ibu-ibu dan anak-anak dari berbagai lapisan masyarakat.

Saat menyampaikan sambutannya, Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan dan kecintaan umat Islam di Kabupaten Karanganyar terhadap agama serta kitab sucinya. Selanjutnya Bupati Karanganyar meminta agar peserta i’tikaf ini menyelipkan dalam doanya untuk kemaslahatan Bumi Intan Pari julukan Kabupaten Karanganyar.

Sementara itu, Takmir Masjid Agung Kabupaten Karanganyar yang pernah menjabat sebagai Kepala Kankemenag Kabupaten Karanganyar, H. Abdul Mu’id mengatakan dalam laporannya bahwa ada dua jenis peserta i’tikaf. Pertama adalah peserta yang hanya datang malam hari dan yang kedua adalah peserta yang akan berdiam di masjid seharian penuh hingga akhir Ramadhan. Mereka semua akan diberi makan sahur dan berbuka gratis dari Baznas Kabupaten Karanganyar.

I’tikaf dan semaan Al Quran ini merupakan salah satu program Karanganyar Bertaqwa yang dicanangkan oleh Bupati dan Wakilnya. Ada lima orang Hafidz dari pondok pesantren di Kabupaten Karanganyar yang ditugaskan untuk membaca Al Quran semalaman hingga menjelang sahur. Targetnya adalah selama sepuluh hari terakhir di bulan suci Ramadhan ini akan mengkhatamkan Al Quran sebanyak tiga kali.

Kementerian Agama yang menjadi leading sector kegiatan keagamaan selama Ramadhan sudah menjadwal pegawainya untuk mengikuti I’tikaf. Ada empat tim i’tikaf yang terdiri dari Kepala, Kasubbag, Kasi/Penyelenggara, Kepala KUA, Penyuluh dan semua pegawai laki-laki di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar. Pada hari terakhir i’tikaf, rencananya akan diselenggarakan khataman Quran di kantor seperti yang sudah dilaksanakan tahun lalu.(Hd)