Kemenag Siap Tampung Aspirasi Guna Perbaikan Layanan Ibadah Haji

Ungaran – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang berupaya akan meningkatkan pelayanan haji tahun depan. Demikian ungkapan pertama disampaikan Kepala Kankemenag Kab. Semarang Muhdi saat menghadiri penerimaan kembali jemaah haji Kabupaten Semarang 1439H / 2018 M di Aula Gedung IPHI Kabupaten Semarang, Selasa (23/10).

Menurutnya, tiap tahun Kemenag telah meminta saran dan masukan dari berbagai pihak guna perbaikan pelayanan ibadah haji musim berikutnya. Meski demikian, pihaknya menyadari bahwa dalam musim haji tahun ini baik mulai proses pemberangkatan hingga pemulangan, masih banyak kekurangan di sana-sini. Untuk itu atas nama kedinasan, pihaknya meminta maaf atas segala bentuk pelayanan yang belum sempurna.

“Kami meminta maaf sekaligus berharap para jemaah haji dapat memberikan saran dan masukan guna perbaikan pelayanan ke depan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Muhdi juga menginformasikan bahwa secara keseluruhan jemaah haji yang berangkat dari Kabupaten Semarang berjumlah 656 (enam ratus lima puluh enam) orang. Dan dari sekian ratus jamaah tersebut, ada satu jemaah yang meninggal dunia di tanah suci yakni Masyhudi (56 tahun) warga kecamatan Ungaran Timur.

“Total jemaah haji yang berangkat dari Kabupaten Semarang ada 656 orang, satu orang jamaah wafat di tanah suci setelah menunaikan seluruh rukun haji,” jelasnya.

Selanjutnya kepada segenap jamaah haji yang hadir, Muhdi juga berpesan agar selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT untuk mempertahankan kemabruran hajinya.

“Mari senantiasa kita tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kita dalam kehidupan sehari-hari agar tetap menjadi haji yang mabrur-mabruroh,” ajaknya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Semarang Mundjirin, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama, Pimpinan Daerah Muhammadiyah, ketua BAZNAS serta pengurus IPHI Kabupaten Semarang. (shl/gt)