Kemenag Surakarta Gelar Pembinaan Manasik Haji 1436 H

Surakarta – Dalam rangka mempersiapkan diri sebagai calon jamaah haji.Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta melalui Seksi Penyelenggaraan Haji & Umroh melaksanakan pembinaan manasik haji berlangsung selama dua hari Selasa-Rabu (11-12/8/2015) di Hotel Dana Solo di buka oleh Kabag Kesra Pemerintah Kota Surakarta Dra.Hj.Siti Anggraini Purwanti.

Dalam sambutanya Kabag Kesra Surakarta menghimbau pada para calon Haji untuk selalu menjaga kesehatan mereka,karena itu hal yang paling penting dalam melaksanakan ibadah haji nantinya agar saat menjalankan ibadah haji dapat berjalan dengan lancar.

Beliau berpesan agar para jemaah haji selama berada di tanah suci agar dapat melaksanakan ibadah dengan khusyu’ dan tertib.Kegiatan pembinaan manasik haji ini diikuti oleh Kabag Kesra Pemkot Surakarta, Kepala Kankemenag Kota Surakarta, Dinas Kesehatan Kota Surakarta, pemateri, Bimbingan manasik haji serta para calon jemaah haji Kota Surakarta

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji & Umroh Kankemenag Kota Surakarta Drs.H.Rosyid Ali Safitri, MM mengatakan kegiatan ini (manasik Haji-red) dimaksudkan agara para jamaah segera mempersiapkan diri “dengan ini jamaah segera mempersiapkan diri” dengan kegiatan ini jamaah akan mengetahui lebih jelas.

Adapun yang menjadi materi dalam bimbingan manasik haji,jelas Rosyid Ali Safitri diantaranya adalah terkait dengan manasik ibadah haji,perjalanan dan pelayanan haji, kesehatan serta hak dan kewajiban jamaah calon haji (JCH).

Pertemuan pertama, materi yang disampaikan tentang bimbingan perjalanan ibadah haji dengan pokok bahasan: persiapan sebelum berangkat ke asrama haji,kegiatan di asrama haji,kegiatan selama dipesawat,kegiatan di bandara Arab Saudi pada saat kedatangan dan pemulangan,kegiatan dalam perjalanan pemondokan,kegiatan di Arafah, Musdalifah dan Mina serta kegiatan di Makkah dan Madinah.

“Tujuan dari materi pertama ini agar jamaah calon haji mengetahui proses perjalanan ibadah haji dan pelayanan akomodasi,katering dan transportasi di Arab Saudi,” jelas Rosyid.

“Dengan materi pada pertemuan selanjutnya inilah,Jemaah Calon Haji diharapkan bisa mengetahui tata cara dan urutan pelaksanaan manasik haji dan umroh serta praktiknya.” tambah H.Rosyid.

Terakhir pada pertemuan itu akan menerima bimbingan manasik tentang ibadah dan kegiatan selama di dalam pesawat dan yang menjadi pembahasannya adalah tatacara bersuci di pesawat, tatacara shalat di pesawat,informasi terkait makan,minum dan istirahat dipesawat,tatacara menggunakan fasilitas di pesawat dan informasi pentingnya menjaga keselamatan penerbangan.(Rhm)