Kemenag terus berikan apreasiasi bagi Pendidikan Islam

Wonogiri – Pemerintah Kabupaten Wonogiri menerima tim monitoring verifikasi dan validasi Apresiasi Pendidikan Islam (API) Kementerian Agama RI Tahun 2015, di Ruang Khayangan (Data) Setda Kab. Wonogiri, Jum’at (20/11). Tim di terima oleh Sekda Kabupaten Wonogiri, Suharno turut hadir dalam acara tersebut Kabag Kesra, SKPD dan para pemangku kebijakan pendidikan agama Islam.

Selaku ketua tim dari Kemenag RI, Prof. DR. Siswanto Masruri, MA mengungkapkan bahwa tahun 2015, Kementerian Agama akan memberikan penghargaan bagi para insan yang berkontribusi dan berprestasi dalam pendidikan Islam lewat ajang Apresiasi Pendidikan Islam (API).

“Apresiasi Pendidikan Islam 2015 yang akan kita selenggarakan dimaksudkan menjaga jantung pendidikan Islam tetap terpelihara denyutnya,” ujar Siswanto di hadapan Sekda dan SKPD Wonogiri

Kementerian Agama RI dalam hal ini Dirjen Pendis memberi perhatian kepada pendidikan Islam, sehingga penghargaan terhadap pihak-pihak yang giat memajukan pendidikan Islam terus dilakukan, yakni dalam bentuk API tiap tahunnya, tahun 2015 sudah masuk kali kedelapan, dalam rangka melihat kualitas pendidikan agama Islam.

Menurut Siswanto seleksi penerima API dilakukan lewat tahap penilaian portofolio kebijakan, survei opini pemangku kepentingan kebijakan pendidikan Islam, dan penilaian oleh Dewan Juri yang beranggotakan akademisi, praktisi dan para pejabat bidang-bidang pendidikan Islam.

Sedangkan dalam paparan dan sambutan singkatnya Sekda Wonogiri, Suharno menyampaikan bahwa Pemkab Wonogiri memiliki beberapa program unggulan dalam mengembangan pendidikan agama dan keagamaan antara Gerakan Wonogiri Mengaji (GWM) yang di canang beberapa waktu lalu oleh Ketua MUI Pusat, program Dusunku Beriman serta berbagai kegiatan religi lainnya.

“Dari sisi alokasi APBD untuk kegiatan keagamaan terutama untuk bantuan Masjid, Madin, TPQ dan ponpes dari tahun 2011 hanya Rp. 515.000.000 dan terakhir tahun 2014 mencapai 2.069.000.000,-,” imbuhnya.

Seperti di ketahui tahun 2013 Pemkab Wonogiri masuk 10 besar yang mendapatkan penghargaan Apresiasi Pendidikan Islam (API) Kementerian Agama RI karena dinilai memiliki andil besar dalam pengembangan pendidikan agama Islam serta memiliki program pengembangan pendidikan agama Islam yang baik, salah satu program unggulan adalah program dusunku beriman. (Mursyid_Heri)