Kemenag Wonosobo Komitmen Sukseskan Penyelenggaraan Haji Tahun 2019

Wonosobo – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Wonosobo berkomitmen untuk menyuksekan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2019. Oleh sebab itu, berbagai upaya terus dipersiapkan oleh Kemenag Wonosobo untuk meminimalisir hal-hal yang bisa mengurangi suksesnya penyelenggaraan ibadah haji.

Hal tersebut ditegaskan oleh Kepala Kantor Kemenag Wonosobo, M. Thobiq pada saat berbicara dalam acara Sosialisasi Pelaksanaan Pembayaran Biaya Penyelenggara Ibadah Haji (BPIH) Reguler Tahun 2019 di Aula Rumah Makan Harmoni, Kertek, Rabu (20/03).

“Demi suksesnya pelaksanaan ibadah haji tahun 2019 ini, perlu dilakukan persiapan matang dan maksimal,” katanya didepan para peserta sosialisasi.

Ia menambahkan, demi suksesnya layanan Haji untuk masyarakat Wonosobo pihaknya juga mengajak semua lintas sektoral pada Pemda Wonosobo untuk ikut bahu membahu demi mensukseskan pelaksanaan ibadah haji tahun 2019. Menurutnya, jangan sampai ada satu hal pun terkait penyelenggaraan ibadah haji yang luput sehingga bisa mengganggu persiapan pelaksanaan ibadah haji dan dapat berakibat pada penyelenggraan ibadah haji yang tidak berjalan dengan lancar.

“Semua persiapan terkait penyelenggaraan haji harus berjalan dengan baik. Saya tegaskan juga kepada Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Wonosobo hingga KBIH untuk memperjelas sudah sampai apa pembuatan buku panduan haji tahun 2019 dan harus segera diselesaikan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, pada hari Jumat (22/03/2019) esok pagi, Kemenag Wonosobo bakal menggelar senam bersama seluruh komponen penyelenggara ibadah haji, baik Kemenag, KBIH, Pemkab Wonosobo, sampai dengan calon jamaah haji berlokasi di alun-alun Wonosobo, mereka akan diajak senam bersama agar calon jamaah haji tahun ini benar-benar menjaga kondisi kesehatan dengan baik, serta tetap berdoa untuk diberikan kekuatan, demi menunaikan Ibadah haji dengan nyaman, tenang dan aman hal ini pun dilakukan dalam rangka saling mengenal antara seluruh pelayan haji dengan stake holdernya yaitu calon jamaah haji tahun 2019.

“Senam ini untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani para calon jamaah haji karena ibadah haji membutuhkan stamina dan mental spiritual yang kuat, maka sebelum pelaksanaan haji nanti para jamaah harus memiliki persiapan fisik dan stamina yang kuat,” tandasnya.

Sementara itu, Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kemenag Wonosobo, Toto Jumantoro dalam kesempatan tersebut menjelaskan alur pelunasan dan aturan main pelunasan, baik haji yang sudah masuk data reguler maupun yang masih cadangan. (PS-WS/Wul)