Kementerian Agama Kumpulkan Tokoh Agama Buddha Se Kabupaten

Karanganyar – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar kembali memfasilitasi pertemuan Tokoh Agama Buddha se kabupaten di Resto Kemuning Ngargoyoso pada Kamis, (18/10). Kegiatan yang dikemas dalam bentuk Rapat Koordinasi ini diikuti 40 orang dari 17 Kecamatan yang ada di Kabupaten Karanganyaar.

Hadir memberikan sambutan sekaligus pembinaan dalam rakor tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar Ahmad Nasirin, Kasubbag TU Wiharso serta satu-satunya guru Agama Budha PNS Kemenag, Joko Wahyudi.

Mengawali sambutannya, Kepala Kemenag mengatakan bahwa Kementerian Agama berusaha dengan sungguh-sungguh membina umat beragama yang ada di Indonesia, tidak terkecuali umat agama Buddha. Selain  itu, pihaknya juga berharap Umat Buddha dapat beribadah dengan khusyuk atas usaha yang sudah dilakukan oleh Kemenag beserta jajarannya.

“Kita sesungguhnya menghendaki umat beragama beribadah dengan khusyuk atas program-program yang kita buat. Kami juga berharap umat beragama yang ada ini bisa hidup rukun berdampingan dengan kondisi seadanya.” Ujar Ahmad Nasirin.

Lebih lanjut Kepala Kemenag menjelaskan tentang komitmen-kominten yang harus dimiliki semua umat beragama di Indonesia. Menurutnya, dengan berkomitmen terhadap kesepakatan yang sudah dibuat oleh leluhur bangsa, kehidupan beragama di Indonesia dapat tercipta dengan aman damai dan rukun.

“Tindak-tanduk kita harus bisa dipahami dan komitmen yang sudah ada dalam kaitannya dengan kehidupan berbangsa dan bernegara harus diwujudkan. Disana ada komitmen keberagaman, komitmen kebangsaan serta komitmen kompetensi untuk selalu belajar agama dengan lebih baik.” Jelas Nasirin.

Di Kabupaten Karanganyar sendiri ada sekitar enam ribuan umat Buddha yang tersebar di beberapa kecamatan. Untuk membina umat Buddha tersebut, Kemenag bekerjasama dengan Walubi dan tokoh agama Buddha agar kehidupan beragama dapat berjalan dengan baik. (ida-hd/bd)