Kemeriahan Baca Maulid Barzanji di Masjid MTsN Pemalang

Pemalang – Masjid Al-Ikhlas yang terletak di MTs Negeri Pemalang malam ini, Senin (20/11) cukup meriah dengan aktivitas pembacaan Maulid Barzanji. Malam ini telah memasuki malam kedua kegiatan pembacaan Maulid Barzanji sebagaimana memasuki tanggal 2 Rabi’ul Awwal 1439 H.

Pembacaan Maulid Barzanji dilaksanakan oleh ASN di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang yang dimotori oleh Penyuluh Agama Islam, Guru dan Pegawai MTs Negeri Pemalang dan MA Negeri Pemalang. Takmir masjid dan masyarakat sekitar turut mengikuti jalannya acara. Tak ketinggalan siswa-siswi MTs Negeri Pemalang khususnya para santri Islamic Boarding School “Al-Ikhlas” MTs Negeri Pemalang.

Kepala Kankemenag, Taufik Rahman malam ini ikut melaksanakan pembacaan Maulid Barzanji bersama yang dipimpin oleh Ust. Masruri selaku Penyuluh Agama Islam Madya. Acara dimeriahkan dengan iringan duror oleh santri boarding school pada saat bacaan sholawat nabi dan asyroqol badru. Tidak seperti malam pertama, kali ini lebih meriah karena selesai doa diteruskan medley duror.

Kepada Kepala MTs Negeri Pemalang, Taufik memberikan arahan agar Masjid Al-Ikhlas dimakmurkan dengan pembacaan Al-Qur’an oleh para santri boarding school setelah sholat Maghrib.

“Khusus mulai tanggal 1 sampai dengan 12 Rabi’ul Awwal dilakukan pembacaan Maulid Barzanji. Ini merupakan tradisi umat Islam yang harus dilestarikan. Bagi ASN Kankemenag Kabupaten Pemalang silakan turut mengikuti acara ini,” tutur Taufik.

Rencananya, puncak dari rangkaian acara peringatan Maulid Rasulullah SAW akan dilaksanakan pada hari Selasa (5/12), 16 Rabi’ul Awwal 1439 H. Kegiatan akan diisi dengan pembacaan Al-Qur’an dilanjutkan khotmil Qur’an dan pengajian akbar. (izin/fi/rf)