Kenaikan Pangkat dan Jabatan Adalah Prestasi Pegawai

Karanganyar – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar melantik dan mengambil sumpah 22 jabatan fungsional serta menyerahkan 10 SK kenaikan pangkat reguler pada Rabu, (16/05) di aula kantor. Pegawai yang dilantik ini terdiri dari 21 orang dengan jabatan guru dan 1 orang dengan jabatan penyuluh agama Islam, sedangkan pegawai yang menerima SK Kenaikan Pangkat terdiri dari 2 JFT, 6 JFU dan 2 orang sisanya penyesuaian ijazah.

Kepala Kankemenag Kabupaten Karanganyar, H. Musta’in Ahmad  mengatakan bahwa kenaikan pangkat atau jabatan yang diterima seorang pegawai adalah sebuah prestasi, oleh karenanya hal tersebut harus disikapi dengan meningkatkan kebaikannya.

“Terimakasih atas prestasinya, yaitu jabatan yang baru. Saya berharap kenaikan pangkat ini menjadi pijakan, lompatan, capaian prestasi bapak ibu sekalian di masing-masing tugasnya. Semuanya mudah-mudahan mensyukuri kenaikan pangkat ini sebagai kesempatan untuk meningkatkan kebaikan,” ujar Musta’in.

Lebih lanjut Kepala Kemenag berharap agar kenaikan pangkat pegawai tersebut diiringi juga kenaikan marwah dan kehormatan pegawai. “Kita berharap bahwa dengan tambahnya atau naiknya pangkat kita atau jabatan kita, setidaknya meningkatkan marwah kita, kehormatan kita. Tentu menjadi kurang baik manakala seseorang yang menduduki jabatan yang lebih tinggi atau pangkatnya setingkat lebih tinggi, kinerjanya sama saja dengan sebelumnya. Tidak ada perubahan, ini tidak baik,” lanjutnya.

Dengan tegas, Kepala Kemenag mengatakan bahwa seorang pegawai harus mencermati hal-hal yang dapat merontokkan kewibawaan dan kehormatan seorang pegawai. Menurutnya, hal itu harus dicermati sehingga dapat membawa seorang pegawai menjadi lebih baik.

“Bukan siapa-siapa yang merontokkan kewibawaan dan kehormatan kita, justru kita sendiri. Karena peluang yang ada pada kita, kesempatan yang diberikan pada kita tidak digunakan sebaik baiknya. Maka hal yang seperti ini harus kita cermati, sehingga kesempatan yang ada ini, kepercayaan yang ada ini bisa kita gunakan untuk memaksimalkan capaian prestasi kita,” tegasnya.

Di akhir sambutannya, Kepala Kemenag mengatakan kepada semua pegawai dalam ruangan yang terdiri dari Kasubbag TU, Kasi, Penyelenggara, Kepala Madrasah serta JFU dan JFT di lingkungan Kankemenag Kabupaten Karanganyar untuk menjadi pelayan yang terbaik bagi masyarakat.

“Jangan sibuk melayani diri sendiri, lakukan yang terbaik di lingkungan pekerjaan jenengan masing-masing. Jadi guru, penyuluh, JFU, JFT, Kasi serta Kepala Kemenag yang baik. Yang baik itu seperti apa, yang mengenali medan tugasnya.” tutupnya. (ida-hd/Wul)