Kepala Kankemenag Kab. Pati Buka Musda VI IPHI Kabupaten Pati.

Pati – Kepala Kankemenag Kabupaten Pati, Akhmad Mundakir membuka secara resmi Musyawarah Daerah (Musda) Ke VI Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Pati. Dengan tema “Membangun Kebersamaan Dalam Melaksanakan Amal Kebajikan Untuk Mempertahankan Haji Mabrur Sepanjang Hayat”, yang dihadiri oleh PW IPHI Provinsi Jawa Tengah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati, Dewan Penasehat IPHI Kabupaten Pati, PD IPHI Kabupaten Pati, PC IPHI Kecamatan se-Kabupaten Pati serta para tamu undangan dan di ikuti pengurus IPHI Kabupaten Pati, di gedung Haji Kabupaten Pati Jl. Raya Pati-Kudus Km.4 Pati (11/3).

Dalam laporannya, H. Umar Said Sumarsono selaku, Ketua Panitia MUSDA Ke-VI IPHI Kabupaten Pati menyampaikan bahwa MUSDA IPHI Kabupaten Pati dilaksanakan bertepatan dengan tanggal 12 Jumadil Akhir 1438 H bertepatan dengan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia yaitu diterbitkannya Surat Perintah 11 Maret atau yang lebih dikenal dengan SUPERSEMAR. Sebelum pembukaan MUSDA IPHI, telah dilaksanakan Rapat-Rapat Pleno oleh pengurus IPHI Kabupaten dan Pengurus IPHI Kecamatan.

Sementara Ketua IPHI Kabupaten Pati (H. Abdul Ghoni Supeno) Periode 2011-2016 mengatakan, IPHI Kabupaten Pati telah mengadakan beberapa kegiatan diantaranya Rapat Kerja Daerah IPHI Kabupaten Pati, Pembinaan-Pembinaan kepada Pengurus IPHI Kecamatan, mengadakan Pengajian Akbar serta bakti sosial.

Kepala Kankemenag Kabupaten Pati, Akhmad Mundakir dalam sambutannya menyampaikan bahwa IPHI adalah salah satu organisasi yang sangat kompleks karena di dalamnya terdapat beberapa profesi mulai dari kalangan birokrat, pengusaha, politisi dan lain sebagianya karena organisasi ini di dalamnya orang orang yang sudah melaksankan ibadah haji di tanah suci mekah,”ujarnya.

Mundakir mengatakan bahwa organisasi IPHI ini mempunyai peranan penting dan amat strategis dalam membangun umat dan terus melakukan upaya upaya peningkatan kualitas keagamaan melalui program progam nyata diantaranya dengan pengembangan ekonomi khususnya koperasi, pemberian santunan kepada Yatama dan Dhu’afa, pengajian rutin dan kunjungan keanggotaan dalam rangka menjaga kemabruran haji sepanjang hayat. Oleh karenanya melalui Musda IPHI ke VI ini di harapkan mampu membantu dan mensukseskan Program program keagamaan pemerintah daerah Kabupaten Pati, “tegasnya.

Di akhir sambutannya Mundakir berpesan, Program program unggulan IPHI yaitu dalam bidang pendidikan, kesehatan dan mengembangkan ekonomi kerakyatan agar diupayakan terus ditingkatkan, “pintanya.

Dalam MUSDA Ke-VI IPHI Kabupaten Pati ini secara Aklamasi telah terpilh sebagai Ketua Umum IPHI Kabupaten Pati Periode 2017-2021 H. Hariyanto yang merupakan Bupati Pati terpilih periode 2017-2022. (Athi’/bd)