Kepala Kankemenag Wonosobo Secara Resmi Buka Manasik Haji Sepanjang Tahun

Wonosobo – Kepala Kantor  Kementerian Agama Kab. Wonosobo Ahmad Farid, melaunching program kegiatan penyelenggaraan Manasik Haji Sepanjang Tahun bagi calon Jamaah Haji di wilayah Kec. Kepil. Pembukaan tersebut dilakukan pada hari Selasa, (15/6) di Masjid Besar Kec. Kepil Komplek KUA Kec. Kepil.

Dalam sambutannya sebelum membuka secara resmi kegiatan tersebut, Kakankemenag Kab. Wonosobo menyampaikan, KUA Kec. Kepil adalah pioneer penyelenggaraan manasik haji sepanjang tahun di Wonosobo. Ia berharap KUA Kecamatan lain untuk bisa melaksanakan kegiatan yang sama, “alhamdulilah pada hari ini KUA Kepil telah launching Mansik Haji sepanjang tahun, mudah-mudahan lancar dan istoqomah dan kegiatan ini dapat di tiru dan modifikasi oleh KUA Kec. lain,” kata Farid.

Hal lain, Farid, sampaikan terkait pembatalan pemberangakatan jemaah calon haji tahun 1442 H. Ia berharap kepada calon jamaah agar tabah dan ikhlas menerimanya, “pemerintah dengan mempertimbangkan keselamatan jiwa jemaah, memutuskan membatalkan pemberangkatan jamaah haji thaun1442 karena Pandemi masih melanda dunia. Jadi diharapkan masyarakat dan kepada jamaah calon haji khususnya untuk menyikapinya dengan sudut pandang yang positif,” jelas Farid.

Selain pembatalan karena mengingat pandemic masih melanda, pemerintah Arab Saudi menyatakan hanya menerima jamaah calon haji bagi warga di dalam negeri dan Ekspatirat atau warga negara asing yang tinggal di Saudi,

 “pemerintah Kerajaan Arab Saudi menutup akses penyelenggaraan haji bagi negara di dunia termasuk Indonesia, sehingga pemerintah melalui Kementerian Agama telah mengeluarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 660 tahun 2021  tentang Pembatalan keberangkatan jemaah haji pada penyelenggaraan haji tahun 1442H/ 2021 M,” jelas Farid.

Selanjutnya dalam sambutannya, Kepala KUA Kec. Kepil Ghufron menyampaikan kegiatan manasik tersebut diselenggarakan dengan menggandeng IPHI Kec. Kepil, Forkompincam, ormas Islam Muhammadiyah, NU , dan  Rifaiyah serta.,

“kegiatan Mansik sepanjang tahun ini adalah sinergi lintas Ormas dan lintas KBIH, untuk memberikan pemahaman dan persiapan kepada calon jamaah untuk pemberangkatan haji setelah pandemic covid 19 berakhir, “kata Imron Awaludin,” tndasnya.

Haln lain ia sampaikan bahwa KUA Kec. Kepil  terus berupaya untuk mendukung penguatan kualitas ibadah jamaah haji.  ps-ws